Gaya Hidup

Ajarkan Sopan Santun pada Anak dengan Cara Ini

Ajarkan Sopan Santun pada Anak dengan Cara Ini Ibu dan anak. (FOTO: Keluarga.com)
Kamis, 31 Oktober 2019 - 05:25

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak yang menganggap bahwa sopan santun yang dimiliki generasi muda kian pudar. Padahal, pada dasarnya sopan santun merupakan pendidikan utama yang idealnya didapatkan di dalam keluarga.

Penting bagi orang tua selalu mengajarkan sopan santun kepada anak. Bagaimana caranya? Dilansir dari The Asiant Parent, ini cara cerdas mengajarkan anak sopan santun.

1. Pahami 3 Hal Dasar Dopan Santun
Hal pertama dan sederhana yang perlu dilatih sejak dini berkaitan dengan mengajarkan sopan santun pada anak adalah melatihnya mengenal 3 kata ajaib, yaitu maaf, terima kasih dan tolong.

Biasakan anak mengatakan maaf jika memang salah, katakan tolong pada siapa pun ketika anak membutuhkan bantuan, dan tentu saja jangan lupa ucapkan terima kasih ketika ia mendapatkan pertolongan.

2. Jadilah Role Model
Anak adalah foto kopi orangtua. Mereka ibarat spons yang bisa menyerap apa yang dilakukan dan dikatakan orangtuanya. Jadi, bagaimana anak bisa memiliki sopan santun jika mereka tidak mendapatkan contoh yang konkret dari orangtuanya?

Untuk itu mulailah dari hal sederhana dan yang paling mendasar dengan memberikan contoh pada anak untuk mengatakan kata terima kasih, maaf dan tolong, serta permisi.

3. Jangan Berlebihan
Ketika melatih anak memahami dan belajar sopan santun, serta bisa mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, hal yang perlu diingat lainnya adalah penting bagi Parents untuk tidak memiliki eskpektasi berlebihan.

Tidak ada salahnya untuk menurunkan harapan Anda. Jangan lupa, anak tidak akan mendengarkan dan mematuhi Anda sepanjang waktu, dan ini adalah hal  lumrah dan memang dilakukan semua anak balita. Ingat saja, ini adalah proses mereka bisa belajar. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration