Adv

Festival Kampung Pesilat Penuh Atraksi, 14 Perguruan Tampil Satu Panggung

Selasa, 29 Oktober 2019 - 10:58 | 104.94k
Fashion batik dan sejumlah atraksi ditampilkan para pesilat pada kegiatan Festival Pencak Silat di Alun-Alun Reksogati, Caruban.  (Foto: Ito Wahyu U/ TIMES Indonesia)
Fashion batik dan sejumlah atraksi ditampilkan para pesilat pada kegiatan Festival Pencak Silat di Alun-Alun Reksogati, Caruban. (Foto: Ito Wahyu U/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Sebanyak 14 perguruan silat di Kabupaten Madiun, Jawa Timur menampilkan kekhasan jurus pencak silat masing-masing pada Festival Kampung Pesilat Indonesia, Senin (28/10/2019) malam.

Dikemas dalam bentuk pencak silat seni, penampilan para pesilat terlihat atraktif dan apik.

Festival-Pencak-Silat-2.jpg

Panggung besar di Alun-Alun Reksogati, Caruban menjadi miniatur Kampung Pesilat Indonesia yang dicanangkan sebagai ikon Kabupaten Madiun pada 2018 lalu. Ribuan warga Caruban dan sekitarnya antusias menyaksikan penampilan para pesilat dalam satu panggung.

"Satu tahun ini kita memang fokus untuk membangun pondasi Kampung Pesilat Indonesia dengan terus menciptakan kerukunan. Selanjutnya akan ditingkatkan pada potensi wisata budayanya," jelas Bupati Madiun H. Ahmad Dawami saat membuka Festival Pencak Silat.

Festival Pencak Silat merupakan rangkaian  kegiatan  Festival  Kampung Pesilat Indonesia yang digelar 27-28 Oktober 2019. Pada hari pertama dilaksanakan pawai pesilat yang diikuti 1.400 anggota perguruan silat.

Festival-Pencak-Silat-3.jpg

Bupati mengatakan, festival tahun ini masih dalam tahapan mempersatukan dari 14 perguruan silat yang ada di wilayahnya. Pada tahun-tahun berikutnya, dia berharap bisa terselenggara festival bertaraf nasional dengan mengundang seluruh daerah.

"Nantinya dengan semangat Kampung Pesilat Indonesia prestasi pesilat harus semakin meningkat. Piala kejuaran di tingkat regional atau nasional akan kita bawa ke Kampung Pesilat Indonesia ini," tegas bupati.

Selain atraksi pencak silat, juga tampil fashion batik khas Kabupaten Madiun. Batik yang ditampilkan adalah batik motif khas Festival Kampung Pesilat Indonesia. Ajang Festival Pencak Silat juga menjadi momen untuk mematenkan batik khas tersebut. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES