Kesehatan

Selain Merusak Paru-Paru, Ini Bahaya Merokok yang Perlu Diwaspadai

Selasa, 29 Oktober 2019 - 05:11 | 215.58k
Ilustrasi Merokok. (FOTO: Istimewa)
Ilustrasi Merokok. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan merokok biasanya dikaitkan dengan kerusakan pada paru-paru. Namun, tahukah Anda jika ada banyak risiko merokok yang tak kalah berbahaya. Salah satu bahaya merokok yang harus diwaspadai adalah dapat menurunkan sistem imun tubuh.

Daya tahan tubuh atau sistem imun merupakan sistem yang berperan melawan bakteri, virus, maupun penyebab penyakit lain yang menghampiri tubuh. Jika sistem ini rusak, maka Anda akan lebih mudah terserang berbagai penyakit berbahaya.

Bagaimana rokok dapat menurunkan merusak sistem imun di tubuh?

Zat-zat berbahaya pada rokok, tidak hanya akan membuat Anda lebih mudah terserang penyakit, namun juga menjadi lebih sulit untuk sembuh, saat penyakit tersebut akhirnya masuk ke tubuh.

Penyakit ringan seperti batuk dan pilek, merupakan kondisi yang paling umum terjadi saat daya tahan tubuh sedang menurun. Namun, rusaknya sistem imun juga akan membuat perokok menjadi lebih rentan terhadap penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti kanker.

Saat Anda merokok, keseimbangan sistem imun juga akan terganggu. Akibatnya, risiko Anda mengalami penyakit autoimun akan meningkat. Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi saat sistem imun, justru menyerang sel dan jaringan sehat yang ada di tubuh.

Zat-zat kimia berbahaya di dalam rokok yang bisa menyebabkan kanker juga akan masuk ke dalam aliran darah untuk mencapai organ-organ yang ada di tubuh, dan merusak respons imun yang ada.

Kebiasaan merokok juga akan membuat kadar antioksidan, seperti vitamin C, di dalam darah menjadi berkurang. Padahal, antioksidan sangat berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Rokok tidak memberikan manfaat apapun untuk pecandunya. Rusaknya paru-paru dan sistem imun tubuh, hanyalah sebagian dari bahaya merokok. Meski kecil, rokok juga dapat menimbulkan berbagai gangguan lain, seperti meningkatkan risiko sakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, mengganggu kesuburan, merusak gigi, komplikasi kehamilan, serta mengganggu penglihatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES