Pendidikan

Kenakan Pakaian Adat, Siswa SMK PGRI 05 Jember Ikrarkan Sumpah Pemuda Saat Jalan Santai

Kenakan Pakaian Adat, Siswa SMK PGRI 05 Jember Ikrarkan Sumpah Pemuda Saat Jalan Santai Para siswa SMK PGRI 05 Jember saat melakukan jalan santai memperingati BBS dan menyambut Hari Sumpah Pemuda, Minggu (27/10/2019). (foto: Istimewa)
Minggu, 27 Oktober 2019 - 16:01

FOKUS BERITA

Sumpah Pemuda Milenial

TIMESINDONESIA, JEMBER – Para siswa dan guru SMK PGRI 05 Jember, Jawa Timur tidak mau ketinggalan dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda yang diperingati pada 28 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini, hari bersejarah tersebut bertepatan pada Senin (28/10/2019) besok.

Salah satu cara yang dilakukan siswa SMK PGRI 05 Jember untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda yakni dengan menggelar jalan santai. Bukan jalan santai biasa. Ribuan siswa sekolah kejuruan tersebut juga mengenakan kostum adat dari berbagai daerah di tanah air.

SMK-PGRI-05-Jember-2.jpg

Jalan santai yang digelar Minggu (27/10/2019) itu berlangsung meriah. Tidak hanya diikuti para siswa, para guru di sekolah tersebut juga tidak mau ketinggalan meramaikan jalan santai itu.

Jalan santai bernuansa karnaval 17-an tersebut menempuh rute sejauh kurang lebih 5 kilometer. Yakni dimulai dari depan SMK PGRI 05 Jember  atau Jalan Krakatau menuju ke arah barat laut atau pusat perbelanjaan Dira Kencong. Kemudian menuju ke utara atau belok kanan memutari kawasan perkampungan dan kembali lagi di depan sekolah.

Selama melakukan jalan sehat, para siswa juga membacakan poin-poin Sumpah Pemuda yang diikrarkan oleh para pemuda Indonesia 91 tahun lalu. Atau tepatnya pada 28 Oktober 1928 di Jakarta yang saat itu masih bernama Batavia.

Terkait kegiatan tersebut, Kepala SMK PGRI 05 Jember Saiful Anwar mengatakan bahwa kegiatan jalan sehat tersebut tidak hanya untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda.

Namun juga sebagai rangkaian dari Bulan Berkunjung Smegrima (BBS) yang tahun ini memasuki tahun kesembilan.

"Setiap tahun kami melakukan terobosan dan perbaikan demi kemajuan. Dan serangkaian kegiatan dua hari ini yaitu jalan sehat memakai baju adat yang diikuti hampir 2.000 pelajar serta melantunkan ikrar Sumpah Pemuda di sepanjang rute," kata Saiful kepada awak media.

SMK-PGRI-05-Jember-3.jpg

Selain melaksanakan jalan sehat, dia juga menerangkan bahwa pihaknya juga meramaikan BBS dengan kegiatan lain. Di antaranya bazar produk lokal, servis gratis untuk sepeda motor serta pertunjukan kesenian seperti tarian daerah.

"Selain itu juga masih banyak serangkaian kegiatan yang dikemas menarik oleh para siswa agar setiap tahun kegiatan BBS di sekolah kami ada yang berbeda, namun tidak keluar dari kaidah sekolah yang mengedepankan persatuan dan kesatuan, saling hormat menghormati antarsuku, ras, dan agama di seluruh Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMK PGRI 05 Jember, Kadek Nanda Ayu Natasya mengaku senang mengikuti kegiatan BBS yang dipadukan dengan menyambut Hari Sumpah Pemuda di tempatnya menimba ilmu.

"Saya sangat bangga dengan kegiatan ini. Saya sendiri asli dari Bali. Dan bersekolah di sini tidak menyangka jika kegiatan tahunan di sini sangat mengedepankan asas persatuan dan kesatuan," imbuh Kadek Nanda yang saat diwawancarai mengenakan kostum kreasi bernuansa Nusantara yang tampak ngejreng.

Untuk diketahui, kegiatan BBS untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda di SMK PGRI 05 Jember tersebut berlangsung selamanya dua hari. Yakni mulai 26 dan 27 Oktober 2019. (*)

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Registration