Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Desa Binaan FPIK UB Malang Menang di UB-Community Service Award 2019

Desa Binaan FPIK UB Malang Menang di UB-Community Service Award 2019 bersama tim dosen dan desa mitra pengabdian pemenang UB community service award. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Sabtu, 26 Oktober 2019 - 07:33

TIMESINDONESIA, MALANG – Program pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan maupun ketrampilan masyarakat desa melalui inovasi sains dan teknologi. Untuk memberikan apresiasi kepada desa mitra pelaksana program pengabdian dosen kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UB Malang menyelenggarkan UB Community Service Awards: Penghargaan Inovasi Desa Atas Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Penilaian event ini didasarkan pada inovasi program pengabdian oleh tim dosen UB kepada desa-desa mitra di Jawa Timur, selama kurun waktu Tahun 2017 - 2019. Dari 100 lebih kegiatan yang dinilai, terdapat 9 finalis yang terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu Kategori A: Inovasi Pengembangan Perekonomian Desa, yang diketuai oleh Sri Suhartini, M. Arif Zainul Fuad, Budianto,

Kategori B: Inovasi Rekayasa Sosial yang diketuai oleh Maftuh, Budi Waluyo, Daduk Setyohadi. Dan Kategori C: Inovasi Teknologi Tepat Guna yang diketuai oleh Teguh Utomo, Alexander Tunggul Sutan Haji, dan Andi Kurniawan.

FPIK UB menorehkan prestasi dengan menempatkan 5 finalis, diantara total 9 finalis yang terpilih.

Puncak acara dilaksanakan pada Rabu, 23 Oktober 2019 di Ijen Suites, Malang. Dua desa binaan tim pengabdian FPIK meraih juara pertama yaitu Desa Pangkah Kulon, Gresik sebagai mitra Program Pengembangan Sentra Kerupuk Ikan (Kategori A) dan Desa Semare di Pasuruan sebagai mitra Program Pengembangan Ekowisata Cafe Laut Semare (CLS) untuk Kategori B.

Tiga desa mitra lainnya yang mendapat penghargaan diantaranya adalah Desa Sumurgung -Tuban (runner up pada Kategori C melalui program Sistem Resirkulasi untuk Budidaya Lele Terintegrasi), Desa Sidoasri -Sumawe, Kabupaten Malang (juara ketiga pada Kategori B melalui program Pengembangan Ekowisata Bahari) dan Desa Bangoan -Kedungwaru, Tulungagung sebagai juara ketiga pada Kategori A melaui program Pengembangan Budidaya ikan Ramirezi.

Capaian ini diharapkan semakin meningkatkan kiprah FPIK UB Malang dalam membangun sektor perikanan dan kelautan khususnya di Provinsi Jawa Timur. (*)

Jurnalis : Dhira Khurniawan (CR-163)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration