Peristiwa - Daerah

Wali Kota Dewanti Buka Jelajah Santri VI 2019

Wali Kota Dewanti Buka Jelajah Santri VI 2019 Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si menyematkan tanda peserta Jelajah Santri VI 2019. (foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Kamis, 24 Oktober 2019 - 09:53

TIMESINDONESIA, BATUWali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si membuka Jelajah Santri VI 2019 di Stadion Gelora Brantas Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (24/10/2019) pukul 08.30 WIB.

Ribuan santri di bawah naungan Sako LP Maarif Jawa Timur ini mengikuti pesta Pramuka Penggalang yang hidup di Pondok Pesantren Jawa Timur ini. 

Kegiatan ini diawali dengan upacara yang dijadikan satu dengan peringatan hari Santri Nasional 2019.

Dra Hj Dewanti mengucapkan selamat atas dilaksanakannya kegiatan Jelajah Santri VI di Kota Batu.

jelajah-santri-b.jpg

"Terima kasih sudah memilih Kota Batu menjadi tempat pelaksanaan Jelajah Santri VI," ujar Dra Hj Dewanti. 

Menurutnya, acara ini sangat bagus untuk membentuk karakter anak-anak. Santri harus menjadi pemuda pelopor. "Kita ingin semua hal-hal yang bersifat positif itu, santri yang jadi pelopor," katanya. 

Edisi-Kamis-24-Oktober-2019-1-Soredewantif252e568cef916f2.jpg

Dalam kesempatan itu, Dra Hj Dewanti membacakan sambutan Menteri Agama. Disebutkan Pondok Pesantren tidak hanya mengemban fungsi pendidikan namun juga fungsi dakwah. 

Kini Pondok Pesantren setara dengan pendidikan formal karena sudah memiliki Undang-undang sendiri. 

jelajah-santri-c.jpg

Tidak hanya itu, santri punya peran strategis dalam mempertahankan kesatuan bangsa. Peringatan hari santri ini berawal dari fatwa kewajiban berjihad NU pada 22 Oktober 1945 yang menjadi semangat melawan penjajah pada 10 November 1945 yang akhirnya ditetapkan menjadi hari Pahlawan. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration