Peristiwa Nasional Kabinet Indonesia Maju

Menteri PUPR RI: Pembangunan Infrastruktur akan Terus Dilanjutkan Sesuai Visi Presiden

Kamis, 24 Oktober 2019 - 06:15 | 58.42k
 Sejumlah pembangunan infrastruktur yang telahdilakukan Kementerian PUPR RI. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Sejumlah pembangunan infrastruktur yang telahdilakukan Kementerian PUPR RI. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
FOKUS

Kabinet Indonesia Maju

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono menegaskan,  Kementerian PUPR RI akan menjalankan visi Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Kabinet Indonesia Maju priode 2020–2024.

Lima visi tersebut adalah mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), undang investasi seluas-luasnya untuk membuka lapangan pekerjaan, reformasi birokrasi, serta penyerapan Anggaran pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang fokus dan tepat sasaran.

PUPR-2.jpg

“Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti yang disampaikan Bapak Presiden sesuai visinya yang kedua yakni meng-connect-kan apa yang kita bangun dengan kawasan-kawasan khusus pariwisata, produksi, dan kawasan industri, contohnya Brebes, Magetan, dan Ngawi. Di samping itu, Kementerian PUPR juga melaksanakan pembangunan infrsatruktur di kawasan pariwisata seperti Labuan Bajo dan Likupang,” kata Menteri Basuki dalam pernyataan resminya, Rabu  (23/10/2019).  

Dalam mempercepat pembangunan infrastruktur, Kementerian PUPR RI akan melanjutkan dan memanfaatkan infrastruktur yang telah terbangun seperti 65 bendungan, jalan tol, jaringan irigasi, dan 10 juta SR air minum dengan menyambungkan ke kawasan-kawasan produksi rakyat antara lain kawasan industri kecil, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), pariwisata, pertanian, perkebunan dan perikanan.

PUPR-3.jpg

Kementerian PUPR RI juga akan melakukan penugasan khusus seperti renovasi Masjid Istiqlal dan pembangunan venue PON XX di Papua.

Menurut Menteri Basuki, pihaknya juga akan melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar air minum serta sanitas, dan persampahan melalui berbagai program seperti KOTAKU, Pamsimas, Sanimas, TPS3R, P3TGAI, dan rumah swadaya untuk mendukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Selain itu juga dilakukan pembangunan sarana pendidikan dan olahraga (sekolah, universitas, masjid, stadion), pendidikan dan pelatihan vokasi, sertifikasi tenaga konstruksi, dan pendirian Politeknik PU di Semarang,” imbuhnya.

Adapun untuk menjalankan visi ketiga Presiden, ujar Menteri Basuki, Kementerian PUPR RI akan terus memperluas skema kerja sama Pemerintah dan Swasta dalam pembangunan infrastruktur persampahan, air minum, dan perumahan.  

PUPR-4.jpg

“Anggaran tahun 2019 sebesar Rp 119,73 triliun yang telah dialokasikan akan dimanfaatkan secara efisien dan tepat sasaran untuk memenuhi harapan Pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara untuk visi yang keempat, Kementerian PUPR RI akan melakukan reorganisasi kelembagaan, peningkatan Ease of Doing Business (EoDB), dan meningkatkan layanan publik melalui PUPR 4.0 untuk mendukung reformasi birokrasi.

“Dan yang terakhir, penyerapan APBN akan fokus pada belanja modal yang efisien dan tepat sasaran sehingga akan memiliki manfaat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat serta menjalankan tuntutan masyarakat sebagai taxpayer yang mengharapkan infrastruktur berkualitas dan bermanfaat,” tutup Menteri PUPR RI ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES