Peristiwa - Daerah

Santri Kota Madiun Meriahkan Sepeda Kuplukan HSN 2019

Santri Kota Madiun Meriahkan Sepeda Kuplukan HSN 2019 Peserta sepeda kuplukan start di depan Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun. (Foto: Istimewa)
Rabu, 23 Oktober 2019 - 22:38

TIMESINDONESIA, MADIUN – Sejumlah rangkaian kegiatan menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional 2019 (HSN 2019) masih terus digelar oleh Pemerintah Kota Madiun bersama para santri.

Kali ini bersama sejumlah komunitas sepeda, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah kyai serta santri menggelar 'sepedaan kuplukan' atau bersepeda dengan mengenakan peci.

Tidak hanya itu nampak Wali Kota Madiun H. Maidi beserta para santri juga memakai sarung saat mengendarai sepeda.

Menurut Wali Kota, cukup banyak kegiatan yang digelar dalam peringatan HSN 2019. Ini sebagai bentuk perhatian dan apresiasi pemerintah daerah terhadap para santri. Terlebih dia juga mengakui santri memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan perdamaian.

"Seperti temanya 'Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia'. Sehingga akhlaq dan perilaku santri harus menjadi contoh demi terwujudnya perdamaian," jelasnya, Rabu (23/10/2019).

Menurut Maidi, ia juga mengaku sangat bangga dengan santriwan dan santriwati Kota Pecel. Ia menilai para santri saat ini semakin kreatif dan kompetitif, bukan hanya ilmu agamanya yang bagus, tetapi juga ilmu akademiknya.

Selain itu, santri juga makin dewasa, karena tidak mudah terpengaruh kabar tidak benar serta mengedepankan kedamaian dan kesatuan NKRI.

"Saya sangat berterima kasih kepada para santri yang telah turut menjaga keamanan dan senantiasa menciptakan kedamaian di kota ini. Mulai dari gelaran pilkada, pileg, pilpres, hingga terakhir pelantikan presiden terpilih kemarin. Semuanya berjalan lancar. Kota Madiun aman dan tertib," ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan serangkaian agenda Hari Santri tersebut dijadwalkan hingga beberapa hari ke depan. Termasuk nanti juga akan ada kegiatan Grebeg Maulud yang juga melibatkan para santri. Untuk itu, ia meminta warga Kota Madiun turut mensosialisasikan. Hal itu, juga sekaligus upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian di Kota Madiun.

"Selain kegiatan sepeda kuplukan, selanjutnya juga ada, acara musik dan tarian Islami, shalawatan bersama Gus Ali Gondrong, pengajian bersama Cak Nun, dan musik religi Sabyan Gambus" imbuhnya.

Sementara dalam kegiatan sepedaan kuplukan menyambut HSN 2019 malam ini mengambil start di depan Masjid Agung Baitul Hakim, selanjutnya mengelilingi sejumlah ruas jalan protokol di Kota Madiun. (*)

Jurnalis : Ito Wahyu Utomo (MG-204)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Registration