Ketahanan Informasi

Kota Pasuruan Bersholawat, Dalam Rangka Hari Santri Nasional

Kota Pasuruan Bersholawat, Dalam Rangka Hari Santri Nasional Kota Pasuruan Bersholawat, Minggu (20/10) di halaman GOR Untung Suropati. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rabu, 23 Oktober 2019 - 18:09

TIMESINDONESIA, PASURUANPemkot Pasuruan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menyelenggarakan acara bertajuk Kota Pasuruan Bersholawat, Minggu (20/10) di halaman GOR Untung Suropati. Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Santri Nasional ini bertujuan mendoakan keselamatan bangsa Indonesia agar terhindar dari berbagai bencana. 

Ribuan jamaah dan santri antusias mengikuti sholawatan yang menghadirkan H. Mohammad Nailurrohman, S.IP (Gus Amak) Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan dan KH Nu’man Abdul Majid Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah Tampung Pasuruan.

Juga hadir Wakil Wali Kota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan beserta anggota, jajaran Forkopimda, Sekda, tokoh masyarakat, tokoh agama, PCNU dan FKUB.

Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST. mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk menjadikan momentum Hari Santri sebagai gerakan penguatan paham kebangsaan yang berintegrasi dengan keagamaan.

Pasuruan-Bersholawat-2.jpg

"Spirit nasionalisme harus terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang berbasis dengan paham kebangsaan. Hari santri juga harus dipakai sebagai revitalisasi etos waktu dan spiritualisme yang menempel pada tubuh santri sendiri yang senantiasa memuat pesan-pesan kebaikan di tengah dunia global saat ini," tuturnya.

Wakil Wali Kota Pasuruan menekankan poin penting bahwa Hari Santri bisa menjadi momen untuk memperkuat komitmen kebangsaan. 

"Para santri harus menjadikan tanah air sebagai “Sajadah” tempat kita mendapatkan bekal lewat aktivitas yang bermanfaat untuk masyarakat, lingkungan maupun organisasi. Melalui kegiatan Kota Pasuruan Bersholawat ini saya mengajak seluruh santri dan masyarakat Kota Pasuruan untuk berdoa bersama yang ditujukan demi keutuhan, keamanan dan keselamatan Bangsa Indonesia dari segala bencana, marabahaya dan tindakan teror lainnya," ujarnya.

Wakil Wali Kota Pasuruan juga berharap kepada semua hadirin dan undangan untuk mengikuti kegiatan Kota Pasuruan Bersholawat ini dengan tertib, damai, saling menghormati serta menjunjung tinggi rasa cinta tanah air. Semoga Allah SWT memberikan ridho dan senantiasa melindungi kita semua serta memberikan petunjuk dalam setiap langkah kita.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Pasuruan KH. Abdul Khalim Mas’ud S.Ag menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Pasuruan yang telah bersinergi dan harmonis dengan PCNU Kota Pasuruan dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan memperingati Hari Santri Nasional.

"Komitmen santri dan generasi muda untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan wujud nyata meneruskan cita-cita pendiri bangsa. Melalui peringatan Hari Santri Nasional ini diharapkan santri bertambah hari bertambah maju dan bertambah makmur," tuturnya. (*)

Jurnalis : Kominfo Paskot (CR-095)
Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration