Peristiwa - Daerah

Sambut Hari Kesehatan Nasional, RSSA Malang Gelar Sunatan Massal Gratis

Sambut Hari Kesehatan Nasional, RSSA Malang Gelar Sunatan Massal Gratis Sunatan massal gratis oleh RSSA Malang. (Foto: Humas for TIMES Indonesia)
Rabu, 23 Oktober 2019 - 14:40

TIMESINDONESIA, MALANGRumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Malang kembali menggelar sunatan massal gratis bagi anak. Kegiatan ini untuk menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 yang jatuh setiap 12 November ini dilaksanakan Rabu, (23/10/2019) di Gedung Pendidikan IRNA II, RSSA Malang, Jawa Timur.

Kegiatan bakti sosial ini untuk memperingati HKN ke-55, HUT ke-74 Pemprov Jatim dan HUT ke-40 RSSA Malang. Sebelumnya, kegiatan sosial berupa operasi katarak gratis dan operasi bibir sumbing telah dilaksanakan. Khusus operasi bibir sumbing, masih berlangsung hingga November 2019 mendatang.

Wakil Direktur Pendidikan dan Pengembangan Profesi RSSA Malang Dr. dr. Mochamad Bachtiar Budianto mengatakan, kegiatan ini adalah perwujudan terhadap peran serta tanggungjawab rumah sakit daerah kepada masyarakat umum.

RSSA-Malang.jpg

"Salah satu caranya yang kami lakukan adalah khitanan massal gratis buat yang membutuhkan," kata dokter kelahiran Malang ini.

Upaya yang dilakukan ini, kata Bachtiar, tidak lepas dari jerih payah para panitia Hari Jadi RSSA. Ia menerangkan bahwa kegiatan bakti sosial lainnya juga telah terealisasi, tak lama ini.

"Kami juga beri bingkisan hadiah supaya anak-anak menjalani khitanan ini mendapat kebahagiaan bersama-sama kami," ujar Bachtiar.

Tercatat sebanyak 17 anak yang mengikuti sunatan massal ini. Rata-rata, mereka adalah siswa di Sekolah Dasar (SD) di wilayah Malang Raya.

Hal-2-16Oktober-2019-rssa-sunatan-masal.jpg

Berlangsungnya sunatan massal ini dipenuhi teriak tangisan gelisah dari anak-anak peserta. Mulai dari awal tindakan hingga akhir, menangis tiada henti lantaran ketakutan.

Namun, tak semua merasakan hal sama. Andri Fatkhurohman, misalnya. Dia tidak menunjukkan ketakutan. Justeru ketawa terpingkal-pingkal mulai awal tindakan hingga akhir.

Retno, ibu dari Kevin, mengaku sudah pengalaman mendampingi anaknya sunatan. Ia tak terlalu khawatir, bahkan anaknya diberi pemahaman supaya tidak takut.

Khitanan-Massal-a.jpg

"Awalnya Kevin sudah siap. Karena dengar temen-temennya nangis-nangis, dia ikutan takut dan nangis juga," ujar Retro yang beraasal dari Turen, Kabupaten Malang.

Ia berharap tahun depan RSSA Malang dapat mengadakan kembali dengan peserta yang lebih banyak lagi. Ia berterima kasih kepada pihak penyelenggara atas kegiatan ini.

Sementara, Nur yang sedang mendampingi putranya memberikan apresiasi dan dukungan kepada RSSA Malang. Dia merasa terbantu dengan program sunatan massal ini.

"Adik Haris (putra Nur) masih kelas 5 SD. Emang anaknya sudah pengen sendiri. Kebetulan juga ada program sunatan gratis ini. Bagus acaranya. Terima kasih RSSA," ungkapnya.

Selain untuk menyambut Hari Kesehatan Nasional, sunatan masal yang diinisiasi oleh RSSA Malang ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Ke depan, pihak penyelenggara berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang prima dan optimal bagi masyarakat. (*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration