Pemerintahan

Pemkab Blitar Beri Pendampingan untuk Peserta Abang Wira

Rabu, 23 Oktober 2019 - 14:19 | 77.76k
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Tuti Komaryati. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Tuti Komaryati. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Tuti Komaryati mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendampingi 53 Peserta Audisi Pengembangan Wirausaha (Abang Wira) sampai mereka benar benar siap menjadi seorang pengusaha.

Pendampingan itu akan berlangsung sampai mereka diwisuda pada tanggal 31 Desember 2019 nanti.

"Kita akan dampingi bagaimana marketingnya, bagaimana administrasinya, bagaimana brandingnya dan sebagainya," katanya usai acara pengukuhan 53 Abang wira tahun 2019, Rabu (23/10/2019).

Tuti mengatakan, dalam program Abang Wira itu, pemerintah tidak membantu dari sisi permodalan karena para peserta Abang Wira disiapkan untuk menjadi pengusaha mandiri dan tidak tergantung pada pemerintah. Namun, menurutnya, pemerintah menyediakan Kredit Usaha Rakyat dari perbankan itu pun bunganya akan sangat rendah karena ada bantuan 7% per tahun. Jadi dari 12% bunga Kredit Usaha Rakyat itu hanya 5% per tahun untuk para pengusaha.

 "Jadi pemerintah juga tidak tinggal diam tetapi tidak diberikan begitu saja tetapi berusaha mereka supaya bertanggung jawab atas dana dana yang mengalir," tambahnya.

Tuti berharap, nantinya ada wadah koperasi sehingga peserta Abang Wira bisa menggali usaha dari dan oleh mereka sendiri. Tuti juga berharap dengan adanya koperasi supaya mereka menyadari bahwa dengan kebersamaan mereka akan cepat berhasil dibanding  sendirian. "Dengan dibentuk koperasi usaha mandiri ini sehingga mereka nanti dari sisi pembiayaan itu juga bisa diambilkan dari koperasi," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES