Glutera News

Awas! Waspadai 7 Penyakit yang Muncul saat Cuaca Panas

Rabu, 23 Oktober 2019 - 13:35 | 795.53k
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTACuaca panas akibat terik matahari tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang memiliki segudang aktivitas di luar ruangan. Selain bisa membuat badan menjadi mudah lemas, cuaca panas yang menyerang tubuh juga bisa membuat tubuh terserang penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa muncul akibat cuaca panas, yang diawali dengan menurunnya sistem kekebalan dalam tubuh kita.

1. Heatstroke
Heatstroke merupakan kondisi kesehatan berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan otak, organ tubuh, otot, serta kematian. Kondisi ini biasanya muncul akibat cuaca panas yang menyerang tubuh hingga suhu tubuh mengalami peningkatan sampai 40 derajat Celcius. Orang yang terserang penyakit ini akan menimbulkan gejala seperti mengigau, napas tersengal-sengal, dan merasa kebingungan.

2. Heat Cramps
Heat cramps atau kram karena panas merupakan kondisi di mana otot mengalami kejang menyakitkan setelah berolahraga intens saat suhu udara tinggi. Meski bukan gangguan kesehatan yang serius, akan tetapi kondisi heat cramps yang tidak segera ditangani bisa memicu penyakit lain seperti gangguan jantung.

3. Heat exhaustion
Heat exhaustion atau kelelahan akibat panas adalah kondisi kesehatan yang lebih serius dari heat cramps. Biasanya kondisi ini disebabkan karena aktivitas fisik saat cuaca panas yang diiringi dengan kelembapan. Umumnya gejala yang ditimbulkan adalah munculnya keringat berlebih, nyeri otot, serta kejang.

4. Penyakit jantung
Temperatur udara yang meningkat ternyata dapat memengaruhi kondisi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan saat tubuh mengalami kelelahan akibat cuaca yang sangat panas, maka pernapasan akan mulai tersengal karena tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Kondisi ini memaksa jantung untuk bekerja lebih keras.

5. Kerusakan otak
Paparan terik matahari saat cuaca sedang dalam keadaan panas yang cukup tinggi dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi dan berisiko memicu kerusakan pada otak. Pasalnya, kondisi tersebut dapat dinilai dari perubahan pola perilaku saat tubuh terpapar sinar matahari yang berlebihan.

6. Tekanan darah rendah
Saat musim panas biasanya kamu akan lebih memilih untuk bersantai atau bermalas-malasan, bukan? Ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh temperatur cuaca yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Oleh karena itu, biasanya tekanan darah manusia pasti akan menurun jika sudah memasuki musim panas.

7. Panas dalam
Cuaca yang terlalu panas tentunya akan membuat suhu tubuh mengalami peningkatan. Sayangnya, jika dalam kondisi tersebut kita tidak menjaga asupan makan dengan baik maka bisa saja kamu terserang panas dalam. Gejala umum munculnya panas dalam yaitu tubuh terasa tidak fit, demam, pilek, seriawan, gangguan pencernaan, dan tenggorokan kering.

Salah satu kunci agar tetap sehat meski cuaca panas adalah dengan memerhatikan asupan makanan terutama antioksidan dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Jika demikan, baik panas maupun hujan sudah bukan masalah yang akan mengganggu jalannya aktivitas dan kegiatan kita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES