Selasa, 19 November 2019
Ketahanan Informasi

Pacu Target, BPTP Jatim Terus Bekerja Salurkan DOC Ayam, KUB

Pacu Target, BPTP Jatim Terus Bekerja Salurkan DOC Ayam, KUB Bimtek penyediaan stok Day Old Chick (DOC) ayam KUB. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rabu, 23 Oktober 2019 - 09:28

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIBPTP Jatim terus mendukung penyediaan stok Day Old Chick (DOC) ayam KUB. Hal itu untuk mendukung program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Jawa Timur.

Secara nasional, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim ditargetkan untuk menyediakan DOC ayam KUB sebanyak 31.000 ekor dimana sejumlah 8.700 ekor DOC sudah disalurkan untuk mendukung program BEKERJA di Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Hari ini Selasa (22/10/2019), sebanyak 3000 ekor DOC yg diproduksi unit pembibitan ayam KUB BPTP Jatim sudah terdistribusikan pada 60 rumah tangga (RTM) penerima manfaat. Sehingga total suplai DOC dari BPTP Jatim untuk Kabupaten Banyuwangi saat ini telah mencapai 12.000 ekor. 

penyediaan-stok-Day-Old-Chi.jpg

Dengan demikian, capaian target penyediaan DOC oleh BPTP Jatim mencapai angka 67,7%. BPTP Jatim diberi mandat untuk menyediakan DOC karena merupakan salah satu BPTP di Indonesia yang memiliki unit pembibitan ayam KUB. 

Pemenuhan DOC untuk program ini juga dilakukan bersama pemegang lisensor pembibitan Ayam KUB.

Pendistribusian DOC berlangsung di Balai Desa Kluncing bersama pendamping desa dan bendahara program Bekerja. 

Bimtek-Bekerja-DOC.jpg

Sebelumnya, RTM sudah menerima paket sapronak dan bimbingan teknis pemeliharaan Ayam KUB dengan narasumber Dani Medionovianto dari BBP2TP bersama tim dari BPTP Jatim yg dimotori oleh Dr. Setiasih.

Disaat yg sama pada siang harinya juga dilakukan pendistribusian DOC di Desa Banjar. 

Hari ini, jumlah penerima manfaat Bekerja di Desa Kluncing sejumlah 204 RTM dari total 283 RTM dan di Desa Banjar sejumlah 176 RTM dari total 266 RTM. Direncanakan pengiriman DOC dari BPTP Jatim untuk memenuhi kebutuhan DOC akan dilanjutkan pekan depan. (*)

Jurnalis :
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration