Indonesia Positif

Wawali Pimpin Apel Hari Santri

Rabu, 23 Oktober 2019 - 09:40 | 38.24k
Wawali Pimpin Apel Hari Santri. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Wawali Pimpin Apel Hari Santri. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUANWakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, ST., bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Santri Nasional 2019, Selasa (22/10). 

Bertempat di lapangan GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, upacara ini dihadiri oleh DPRD Kota Pasuruan, Forkompimda, Kepala OPD, Ketua PCNU Kota Pasuruan, Ketua MUI Kota Pasuruan, Ketua FKUB, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam upacara yang bertemakan Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia, Wawali menyampaikan amanat bahwa para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Wawali-Pimpin-Apel-Hari-Santri-2.jpg

"Para santri dengan caranya masing-masing bergabung dengan seluruh elemen bangsa yang lain melawan penjajah, menyusun kekuatan di daerah-daerah terpencil, mengatur strategi, dan mengajarkan kesadaran tentang arti kemerdekaan," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, para ulama pendiri bangsa kita seperti KH Asy’ari (Nahdatul Ulama), KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), Ahmad Hasan (Persis), Ahmad Soorhati (Al-Irsyad), dan Kiai Mas Abdul Rahman (Matlaul Anwar) secara historis telah dikenal perannya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Dengan mewarisi semangat ini, diharapkan para santri masa kini dan masa depan, baik yang di pesantren maupun di luar pesantren, dan seluruh anak bangsa dapat selalu memperkuat jiwa religius keislaman. Dan sekaligus juga jiwa nasonalisme kebangsaan. Para santri harus ingat berjihad untuk bangsa, untuk tumpah darah tanah air kita tercinta," lanjut Wawali.

Wawali-Pimpin-Apel-Hari-Santri-3.jpg

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para tokoh agama, habib, ulama, kiai, ustadz dan ustadzah di Kota Pasuruan atas sumbangsih ilmu agama dan perhatian kepada seluruh masyarakat di Kota Pasuruan. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba-lomba yang telah diadakan selama memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019 di Kota Pasuruan dan pemberian santunan kepada anak yatim.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini dilanjutkan dengan Pawai Motor Sarungan yang bertujuan berkeliling dan memberikan santunan kepada anak yatim. Pawai ini diikuti oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, Ketua Panitia Hari Santri Nasional Kota Pasuruan beserta jajarannya, Kepala OPD, Camat, dan Lurah.
Selain itu, peserta pawai juga melaksanakan Bakti Sosial di wilayah Kota Pasuruan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES