Pemerintahan

Pemkab Ponorogo Berencana Tambah Mobil Damkar

Rabu, 23 Oktober 2019 - 10:02 | 88.56k
Mobil Damkar Pemkab Ponorogo.
Mobil Damkar Pemkab Ponorogo.

TIMESINDONESIA, PONOROGOPemkab Ponorogo tahun 2020 berencana menambah pengadaan mobil pemadam kebaran (damkar).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Suko Kartono, Rabu, (23/10/2019) mengatakan, penambahan armada mobil damkar sudah tidak bisa ditawar. Ini karena  tingginya potensi kebakaran di wilayah Ponorogo,

"Sedangkan armada damkar yang ada tak bisa diandalkan, dari tiga unit mobil damkar hanya satu yang bisa bekerja maksimal,’’ ungkapnya.

Mobil damkar pemkab saat ini ada tiga mobil yang di miliki. Satu diantaranya keluaran 1983 bisa di golong usia yang sudah uzur kinerjanya tak bisa maksimal. Banyak onderdil yang rusak. Dua lainnya keluaran 2002,

"Sayangnya satu dari dua unit damkar tersebut juga tak bisa maksimal bekerja yang disebabkan tangkinya bocor dan krannya rusak," sebut Suko Kartono.

Satpol PP hanya punya satu  andalan untuk memadamkan si jago merah di 21 kecamatan. Yaitu satu damkar keluaran 2002 yang kondisinya tidak lagi bagus. Untuk mendukung kinerja satu unit damkar yang jadi andalan tersebut satpol PP kesulitan mencari suku cadang dari onderdil yang rusak.

‘’Kadang kewalahan kalau harus keluar bersamaan memadamkan dua tempat berbeda. Satu damkar tangkinya bocor. Kami kerjasama dengan BPBD untuk membantu suplai air ketika kebakaran,’’ tambah Suko Kartono.

Suko juga megeluhkan perlengkapan personelnya, karena bekerja dalam situasi hidup dan mati, 28 personel damkar tak ada yang memakai jaket tahan panas. "Beruntung, setidaknya mereka dikover BPJS ketenagakerjaan," tambahnya.

Atas berbagai alasan itu, satpol PP mengusulkan pengadaan damkar baru. Mereka mengusulkan pengadaan dua unit mobil damkar dan satu unit mobil penyuplai air.

Suko menambahkan, tak kali ini saja satpol PP mengajukan usulan pengadaan damkar. Upaya serupa sudah dilakukan sejak beberapa tahun silam. Namun, tak pernah disetujui. Kali ini, melihat kondisi yang ada, pengadaan tak bisa ditawar lagi. ‘’Melihat kondisi keuangan tahun depan, kami berharap setidaknya satu unit damkar dan satu mobil suplai air,’’ jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES