Jum'at, 15 November 2019
Kesehatan

Benarkah Makan Nasi Dingin Berbahaya?

Benarkah Makan Nasi Dingin Berbahaya? Nasi. (FOTO: Fimela)
Rabu, 23 Oktober 2019 - 05:43

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagaimana kebiasaan Anda saat makan nasi? Hangat atau dingin? Ternyata nasi dan pasta, kedua sumber karbohidrat ini tak baik jika dimakan dalam keadaan sudah dingin. Menurut Food Safety Information Council, nasi dan pasta dingin bisa menimbulkan racun.

Dilansir dari Vemale, alasan mengapa nasi dan pasta dingin bisa menimbulkan racun pada makanan adalah karena adanya bakteri yang muncul setelah makanan tersebut dimasak.

Rachelle Williams, ketua Food Safety Information Council menyatakan, bahkan nasi dan pasta setengah matang lebih aman dimakan ketimbang nasi dan pasta yang sudah matang dan dingin. Hal ini karena bakteri yang muncul menjadi racun pada nasi dan pasta hanya bisa muncul ketika makanan itu sepenuhnya basah.

Jika Anda tak habis makan pasta dan nasi, pastikan jangan menyimpannya di dalam kulkas dan menghangatkannya lagi saat akan dimakan. Hal ini lebih buruk, karena bukan hanya nutrisinya saja yang hilang banyak, tapi juga risiko racun lebih tinggi.

Itulah mengapa nasi dan pasta lebih baik dinikmati dalam keadaan hangat dan cepat habis sekali makan. Jika tidak habis sekali makan dan masak banyak, memang lebih baik jika menyimpannya tetap di dalam rice cooker agar tetap hangat. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration