Ekonomi

Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja, Disnaker Kabupaten Malang Gelar Penguatan LPK

Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja, Disnaker Kabupaten Malang Gelar Penguatan LPK Kepala Disnaker Kabupaten, Yoyok Wardoyo saat bersama peserta penguatan LPK. (Foto : Disnaker Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
Selasa, 22 Oktober 2019 - 19:38

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 36 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) swasta mengikuti kegiatan penguatan kelembagaan yang digelar Disnaker Kabupaten Malang di Hotel Aria Gajayana, Selasa, (22/10/2019).

Kegiatan tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga kerja di Kabupaten Malang. Penguatan kelembagaan itu, merupakan bidang Pelatihan dan Produktivitas (Lattas) di dinas itu.

Kepala Disnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kelembagaan pelatihan. Utamanya kualitas yang kompetitif guna menjawab kebutuhan kerja saat ini.

"Dasar kegiatan ini adalah Permenaker nomor 17 tahun 2016 dan UU nomor 13 tahun 2003. Pada intinya, adalah peningkatan untuk kualitas kelembagaan," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, kegiatan ini sesuai dengan amanah dari Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM, agar setiap kepala dinas tidak melakukan copy paste dalam program. Artinya, harus ada inovasi.

"Pimpinan saya berpesan, jangan copy paste program dari tahun lalu. Harus ada inovasi dan improvisasi kegiatan di bidang masing-masing," kata mantan Staf Ahli Bupati Malang ini.

Menurutnya, LPK memiliki peranan penting dalam menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Malang. Yakni pengentasan kemiskinan dan menekan angka pengangguran.

"Karena, LPK mencetak tenaga-tenaga kerja yang siap kerja. Sehingga memiliki kemampuan handal dan mumpuni. Sehingga diharapkan, kualitas lembaganya pun meningkat," terangnya.

Selanjutnya dia berharap kepada seluruh LPK dapat mengimplementasikan dengan baik, setelah mengikuti Kegiatan penguatan yang diselenggarakan oleh Disnaker Kabupaten Malang ini.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration