Peristiwa - Daerah

Burung Garuda Berukuran Besar Warnai Kirab HSN 2019 di Pamekasan

Burung Garuda Berukuran Besar Warnai Kirab HSN 2019 di Pamekasan Lambang negara burung garuda berukuran besar warnai kirab HSN di Jalan Pamong Praja, Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Selasa, 22 Oktober 2019 - 18:51

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Lambang Negara Burung Garuda berukuran besar warnai kirab Hari Santri Nasional 2019 (HSN 2019) di Kabupaten Pamekasan, di Lapangan Pendopo bupati setempat. Selasa (22/10/2019).

Pantauan, wartawan TIMES Indonesia peserta kirab yang terdiri dari ribuan santri asal Pamekasan ini bergerak dari Pendapa Bupati Pamekasan menuju Monumen Arek Lancor, Kabupaten Pamekasan.

Sementara HSN sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober dengan Kepres Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Keputusan tersebut ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 15 Oktober 2015. Dasar hukum Kepres Hari Santri adalah Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Wakil Bupati Pamekasan, Rajae mengajak kepada seluruh para santri di Kabupaten Pamekasan untuk terus belajar dengan gigih dan giat sekaligus menjaga komitmen semangat dalam membangun bangsa Indonesia. 

"Pegang teguh sifat istiqomah yang menjadi tradisi seorang santri, karena santri adalah harapan bangsa dan sekaligus santri adalah harapan kita bersama," katanya kepada Wartawan TIMES Indonesia. Selasa (22/10/2019).

Mantan kepala Desa Bujur Barat itu , mengutarakan bahwa santri harus menjadi fokus utama dari pembangunan bangsa yang akan datang.

"Pesantren memberi solusi kehidupan kemasyarakatan dengan kebersamaan. Serta nilai-nilai keislaman jadi inspirasi utama bagi warga untuk mengekspresikan dalam sikap dan tingkah laku yang agamis," ucapnya.

Lebih lanjut, Raja'e mengutarakan bahwa kekuatan hari santri ini sangat luar biasa dampaknya terhadap pembangunan negara ini.

"Kita bisa menyaksikan bersama-sama begitu antusiasnya para santri menyambut Hari Santri Nasional ini dan seluruh Indonesia memperingati, sehingga patut diri kita sebagai pemangku jabatan untuk memberikan atensi di hari santi nasional ini," sambungnya.

Di peringatan HSN 2019 ini, Raja'e juga meminta kepada pesantren dan santri di Pamekasan untuk terlibat bersama-sama membangun Indonesia mandiri dan sejahtera sesuai ajaran Islam. "Maka dari itu, saya mengajak kepada semua santri untuk bersama-sama ikut serta dalam perdamaian dunia," harapnya.

Jurnalis : Akhmad Syafii
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Registration