Indonesia Positif Universitas Islam Malang

FEB Unisma Malang Siapkan Karir Calon Lulusan, Gelar Seminar Prepare Your Self to Grasp The Job

Selasa, 22 Oktober 2019 - 09:17 | 79.64k
Pimpinan FEB Unisma, Dr. Umi Dayati, dan para mahasiswa FEB Unisma saat menyanyikan Syubbanul Wathon. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pimpinan FEB Unisma, Dr. Umi Dayati, dan para mahasiswa FEB Unisma saat menyanyikan Syubbanul Wathon. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisma Malang selalu berpacu melakukan inovasi  di antaranya penyiapan lulusan yang sejalan kebutuhan industri.

Hal itu karena melihat kondisi bidang ketenagakerjaan di Indonesia belum memberikan harapan bagi penurunan angka pengangguran. Peluang kerja yang ada jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan jumlah lulusan perguruan tinggi.

Akibatnya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin tinggi. Disisi lain, Era 4.0 telah mewabah ke seluruh Industri menyebabkan kebutuhan tenaga kerja yang kompeten sejalan dengan kebutuhan Era 4.0 niscaya untuk diabaikan.

Penyerahan-cinderamata.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Melihat fenomena tersebut dan rangkaian Pendidikan Etika Pengembangan diri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma menggelar Seminar "Prepare Your Self to Grasp the Job" dengan narasumber Dr. Umi Dayati (Indonesia LED Leadership).

Acara digelar di Ruang K.H Abdurrahman Wahid Gedung Pascasarjana Lantai 7 Unisma. Acara ini diikuti ratusan calon lulusan FEB Unisma yang siap menghadapi tantangan Era 4.0. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma  Nur Diana S.E, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak perubahan terjadi sejak RI 3.0 menjadi RI 4.0. Era R.I 4.0 mensyaratkan pekerja yang memiliki kesadaran teknologi yang tinggi.

Perkembangan teknologi memberi kemudahan sekaligus menghapuskan fungsi suatu barang yang dahulu penting menjadi kurang penting. "Perkembangan itu juga memunculkan teknologi-teknologi baru yang membutuhkan orang untuk mengoperasikannya," jelasnya.

Ia menambahkan perusahaan baru banyak muncul dan melaju pesat, disisi lain perusahaan dulunya besar tiba-tiba menjadi Bangkrut. Ini membutuhkan kompetensi Sumber Daya Manusia Unggul.

Kami berharap mahasiswa FEB Unisma yang akan bekerja mampu membangun ekosistemnya. Ekosistem yang dimaksud adalah mencari suasana kerja yang sesuai dengan spesifikasinya, yakni minat dan bakat. Selain itu, mereka  harus memiliki visi yang jelas agar bisa membuktikan kemampuannya. Persaingan kerja sekarang benar-benar tinggi, jadi kualitas diri harus ditonjolkan.

Pimpinan-FEB.jpg

"Jadi kuliah di FEB Unisma Malang tidak hanya mempersiapkan  kemampuan akademis maupun skillnya, tapi juga bagaimana mempersiapkan para calon alumni untuk melamar kerja nantinya. Dimana itu sudah disiapkan tiap prodi yang ada FEB Unisma," ungkapnya.(*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Seminar yang dilaksanakan dalam rangkaian pendidikan Etika Pengembangan Diri ini menghadirkan Dr. Umi Dayati, seorang motivator, trainer sekaligus konsultan bisnis yang dalam paparannya memberikan  pemahaman dan  cara-cara sukses memasuki dunia kerja dan meningkatkan keterampilan mahasiswa akhir  dalam mempersiapkan teknik  memasuki dunia kerja.

"Era 4.0 telah banyak memangkas tenaga kerja manusia, persaingan semakin ketat. Untuk itu perlu merubah mindset dan melakukan persiapan diri agar calon lulusan mudah untuk diterima ketika melamar kerja, terlebih jika ingin masuk di perusahaan yang menerapkan industri 4.0 sebagai standarisasi.

Selain itu narasumber juga banyak mengulas  tentang  kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja, kiat Sukses Merebut Peluang Kerja, leadership, cara membangun karir di masa depan, trik bergabung dengan perusahaan, kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dan menggali kemampuan diri,  praktek persiapan  interview dan konsultasi pribadi, penyusunan surat lamaran dan CV serta pengantar materi interview dan membangun citra diri dan etika profesional. Acara berlangsung penuh antusias, dimana narasumber memberikan materi yang sangat segar diiringi humor- humor kocak.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES