Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

LP Maarif NU Jatim Gelar Santri Ngaji Islam Nusantara

Selasa, 22 Oktober 2019 - 07:24 | 86.24k
Ngaji bareng Santri Islam Nusantara di hadiri guru mata pelajaran Pendidikan Aswaja dan ke NUan di Hall Usman Sadar Malang hadir KH Ahmad Baso dari Lakpesdam NU Pusat, dan Yoyok Amirudin MPdI PW LP Maarif NU Jawa Timur. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Ngaji bareng Santri Islam Nusantara di hadiri guru mata pelajaran Pendidikan Aswaja dan ke NUan di Hall Usman Sadar Malang hadir KH Ahmad Baso dari Lakpesdam NU Pusat, dan Yoyok Amirudin MPdI PW LP Maarif NU Jawa Timur. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Pengurus Wilayah LP Maarif NU Jatim menggelar 'Ngaji Islam Nusantara' dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2019 yang bertajuk "Eksistensi Santri dalam Meneguhkan Islam Nusantara" di Hall Oesman Mansur Kampus Universitas Islam Malang, Rabu (16/10/2019).

Noor Shodiq Askandar, Ketua LP Maarif Jatim sekaligus Wakil Rektor 2 Unisma, mengungkapkan, dalam kegiatan seminar yang dikemas ngaji islam nusantara ini panitia mengundang tokoh-tokoh Islam nusantara yang membidangi, seperti KH.Ahmad Baso dari Lakpesdam PBNU dan KH. Azizi Hasbullah dari LBM NU Jawa Timur.

KH.-Marzuki-Musytamar.jpg

Acara ngaji nusantara ini menghadirkan guru-guru di lingkungan Maarif Malang Raya dan sekitarnya dengan total peserta sekitar 300 guru dari guru matapelajaran Pendidikan Aswaja dan Ke NU an jenjang guru SD/MI, SLTP, dan SLTA.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh KH. Marzuki Musytamar, Ketua PWNU Jawa Timur. Dalam sambutannya Kyai Marzuki menegaskan akan pentingnya memahami islam Nusantara ini. Keberadaan Indonesia tidak bisa lepas dari paham keislaman yang dianut oleh warga NU yang sangat dominan warganya dalam menopang NKRI ini. Jika pemahaman Islam Nusantara ini rapuh maka keberadaan Indonesia ini akan dipertanyakan. Kyai Marzuki juga menyampaikan untuk berpegang teguh dengan NU.

Ngaji-Islam-Nusantara.jpg

Dalam paparannya KH. Ahmad Baso, selaku narasumber banyak menjelaskan tentang sejarah awal Islam di Nusantara ini. Penjelasannya membuka cakrawala baru karena sejarah tidak komprehensif mencatat keberadaan Islam Nusantara.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan agenda Hari Santri Nasional 2019, pada hari kamis tanggal 24 oktober 2019 nanti PW LP Maarif NU Jatim akan menggelar kegiatan Jelajah Santri ke VI di Kota Batu dan LP Maarif NU Bersholawat yang akan di hadiri oleh Gus Azmi Askandar diiringi group Subbanul Muslimin serta diikuti oleh 10.000 santri di Gelora Brantas Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES