Peristiwa

BMKG RI Prediksi Suhu Panas Bakal Berlangsung Hingga Pekan Depan

BMKG RI Prediksi Suhu Panas Bakal Berlangsung Hingga Pekan Depan Ilustrasi suhu panas (Foto: patchcom)
Selasa, 22 Oktober 2019 - 10:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika RI (BMKG RI) memprediksi suhu panas yang melanda sejumlah daerah di Indonesia akhir-akhir ini masih berpotensi terus terjadi hingga waktu sekitar satu pekan ke depan.

Menurut Deputi Bidang Metereologi BMKG, Mulyono R Prabowo, posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi  atmosfer yang masih cukup kering sehingga potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya.

Beberapa stasiun pengamatan BMKG mencatat suhu udara maksimum bisa mencapai 37 derajat Celsius sejak 19 Oktober. Bahkan pada 20 Oktober tiga stasiun pengamatan BMKG di Sulawesi mencatat suhu maksimum tertinggi yaitu Stasiun Meteorologi Hasanuddin (Makassar) 38.8 derajat, Stasiun Klimatologi Maros 38.3 derajat dan Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera 37.8 derajat.

"Suhu tersebut merupakan catatan suhu tertinggi dalam satu tahun terakhir, di mana pada periode Oktober di tahun 2018 tercatat suhu maksimum mencapai 37 C,” jelas Mulyono seraya menambahkan stasiun-stasiun meteorologi BMKG RI di pulau Jawa hingga Nusa Tenggara mencatatkan suhu panas udara maksimum terukur berkisar antara 35 hingga 36.5 derajat Celsius pada periode 19-20 Oktober 2019. (*)

Jurnalis : Rochmat Shobirin
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

Komentar

Registration