Peristiwa Nasional

Kementerian PUPR RI Salurkan 19 Ribu Rumah Subsidi

Selasa, 22 Oktober 2019 - 08:53 | 83.24k
Rumah bersubdi yang dibangun Kementerian PUPR RI. Hingga saat ini, Kementerian PUPR RI telah menyelesaikan 19 ribu lebih rumah bersubsidi. (foto: Kementerian PUPR RI)
Rumah bersubdi yang dibangun Kementerian PUPR RI. Hingga saat ini, Kementerian PUPR RI telah menyelesaikan 19 ribu lebih rumah bersubsidi. (foto: Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKementerian PUPR RI (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas perumahan layak huni bagi masyarakat. Salah satunya dengan menyalurkan rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kementerian PUPR telah menyalurkan bantuan PSU untuk 119.695 unit rumah bersubsidi secara nasional mulai 2015 hingga 2019. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan rumah bersubsidi setiap tahunnya.

Alokasi anggaran tahun 2019 untuk bantuan PSU sebesar Rp 123 miliar untuk 13.000 unit rumah bersubsidi secara nasional. "Tahun 2020 mendatang kami telah mengalokasikan dana sekitar Rp 202 miliar untuk pembangunan PSU sebanyak 22.500 unit rumah," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid.

RUmah-Bersubsidi-Kemen-PUPR-a.jpg

Bantuan PSU merupakan stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah MBR dalam rangka pencapaian target program satu juta rumah. Program ini merupakan perhatian pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR.

Khalawi menuturkan bantuan PSU ini diharapkan bisa mendorong pengembang untuk membangun lebih banyak rumah bersubsidi untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan dibangunnya PSU pemerintah ingin agar masyarakat yang tinggal di rumah bersubsidi dapat tinggal dengan lebih nyaman.

Kemen-PUPR.jpg

"Rumah subsidi itu dibangun untuk rakyat agar mereka bisa tinggal dengan layak. Pengembang yang menerima bantuan PSU juga harus berkomitmen untuk mendukung program pemerintah khususnya rumah bersubsidi. Selain itu, kualitas rumah dan lingkungan serta fasilitas pendukungnya juga harus dijaga sebaik mungkin," kata Khalawi.

Menurutnya, adanya PSU dari Kementerian PUPR RI sangat membantu pengembang untuk membangun rumah untuk masyarakat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES