Pendidikan

Magister Psikologi Sains UAD Gelar Kuliah Lapangan di Dusun Sompok

Magister Psikologi Sains UAD Gelar Kuliah Lapangan di Dusun Sompok Sebanyak 27 mahasiswa Magisteri Psikologi Sains UAD mengikuti kuliah lapangan di Obyek Wisata Sompok, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, pada Sabtu dan Minggu, 19 -20 Oktober 2019. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Senin, 21 Oktober 2019 - 22:05

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Proses perkuliahan tak selamanya harus berada di dalam kelas. Ruang terbuka pun dapat digunakan sebagai lokasi perkuliahan seperti yang diterapkan dosen Magister Psikologi Sains UAD (Universitaas Ahmad Dahlan ) Dr Hadi Suyono. Dosen yang mengampu mata kuliah Perancangan Desain Penelitian ini mengajak sebanyak 27 mahasiswanya kuliah lapangan di Obyek Wisata di Dusun Sompok, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, pada Sabtu dan Minggu, 19 -20 Oktober 2019.

Di tempat ini, para mahasiswa mendapatkan kuliah singkat dari Kepala Dukuh Sompok, Triyono sekaligus melakukan wawancara dan observasi kepada warga setempat.

“Dengan kuliah lapangan, para mahasiswa akan menemukan banyak pengalaman baru yang tidak didapatkan di dalam kelas,” kata Hadi Suyono kepada TIMES Indonesia.

Kepala Dukuh Sompok, Triyono mengaku senang dengan kedatangan para mahasiswa Program Pascasarjana Psikologi Sains UAD. Kedatangan mahasiswa tersebut akan memberikan energi positif kepada pemuda dan masyarakat yang sedang merintis kampung obyek wisata.

“Kedatangan mahasiswa ini tentu akan memberikan energi positif bagi pemuda Sompok khususnya untuk bergerak maju, mengikuti jejak teman-teman S2,” jelas Triyono.

Pemuda Sompok, Defik Ardiyanto mengatakan, pengalaman yang disampaikan para mahasiswa S2 UAD ini akan menjadi penyemangat dirinya dan teman-temannya dalam memajukan kampung dan meraih masa depan lebih baik.

“Kami akan terus memperkenalkan Dusun Sompok ini sebagai obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi dan disinggahi,” terang Defik.

Rencananya, kegiatan kuliah lapangan di Dusun Sompok ini akan diadakan secara berkelanjutan. Sebab, mahasiswa yang datang sudah terbagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan wawancara dan observasi yang akan menghasilkan modul penelitian.

“Dengan adanya modul ini akan lanjut ketahap pelaksanaan pemecahan permasalahan yang akan menghasilkan Sompok menjadi Desa Wisata alam edukasi. Jadi, nanti kuliah lapangan di Dusun Sompok ini tentu akan berkelanjutan,” jelas dosen Magister Psikologi Sains UAD ini. (*)

Jurnalis : Reno Diqqi Alghazali (MG-158)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Registration