Ekonomi

Gelar Pelatihan Kuliner, Gardal Berharap Jokowi-Ma’ruf Dorong Kemajuan UMKM

Gelar Pelatihan Kuliner, Gardal Berharap Jokowi-Ma’ruf Dorong Kemajuan UMKM Peserta pelatihan kreasi menu kue tampak antusias mengikuti kegiatan di Sekretariat Gardal. (FOTO: Istimewa)
Senin, 21 Oktober 2019 - 21:53

TIMESINDONESIA, KARANGANYAR – Gerakan Aspirasi Muda Lawu (Gardal) kembali menggelar kegiatan yang melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karanganyar. Kali ini, Gardal mengadakan pelatihan kreasi menu kue di Tegalasri, Kecamatan Kota.

Kegiatan yang digelar dalam momentum pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin itu diharapkan menjadi penyemangat tersendiri bagi peserta.

Pelatihan-Kuliner-2.jpg

"Menurut hemat kami, ini momentum tepat untuk memberikan selamat kepada presiden dan wapres terpilih. Kami sangat berharap program pemberdayaan perekonomian melalui UMKM bisa lebih ditingkatkan lagi," ungkap Koordinator Gardal Karanganyar, Ananda Novel, Senin (21/10/2019).

Lebih jauh Novel menjelaskan, sebanyak 27 peserta ikut dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang diadakan di sekretariat Gardal Tegalasri itu diikuti para ibu rumah tangga dan pelaku usaha mandiri di bidang kuliner.

Sejumlah mentor kreasi kue dilibatkan. Seperti Ibu Wahyanti, Gesti, Dina, dan Dwi Haryani. Pertama disampaikan materi secara teori oleh mentor. Dilanjutkan dengan praktik langsung kreasi menu kue.

“Dalam kegiatan ini, peserta langsung praktik membuat bolu kukus, corobikan dan terang bulan mini. Hasilnya bisa dicicipi langsung dan dievaluasi. Penyelenggara berharap, menu tersebut bisa diproduksi di rumah masing-masing. Dan dipasarkan langsung ke konsumen sehingga bisa menambah pendapatan keluarga,” tutur Novel.

Perlu diketahui, sambungnya, mentor tersebut adalah anggota Gardal yang bergerak di pendampingan UMKM. Para mentor itu telah mengikuti pelatihan di BLK Bangsri Karangpandan oleh Disdagnakerkop Karanganyar.

Pelatihan kreasi menu kue ini gratis bagi para peserta. Peserta bisa praktik langsung cara menggunakan blender, mixer dan bahan kue. Semoga UMKM di Kabupaten Karanganyar makin maju,” ujar Koordinator Gardal Karanganyar ini. (MG)

Jurnalis : B. Prayoga (MG-214)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration