Pemerintahan

Pemkab Sragen Siapkan Dana 40 Miliar untuk Bangun Pasar Nglangon

Senin, 21 Oktober 2019 - 20:25 | 92.35k
Sekda sragen tataq prabawanto, Senin (21/10/19). (Mukhtarul Hafidh/Times Indonesia)
Sekda sragen tataq prabawanto, Senin (21/10/19). (Mukhtarul Hafidh/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SRAGENPemkab Sragen berencana segera bangun kembali Pasar Nglangon Sragen, yang ludes akibat kebakaran. Pembangunan diwacanakan langsung dimulai tahun 2020 dengan menelan anggaran antara Rp 35 miliar – Rp 40 miliar.

“Tadi kami sudah berkumpul dengan pedagang dan membahas salah satunya rencana pembangunan kembali Pasar Nglangon. Akan kita bangun tahun 2020 dengan anggaran APBD. Dananya sekitar Rp 35 hingga Rp 40 miliar,” terang Sekda Sragen, Tatag Prabawanto, Senin (21/10/19).

Tatag Prabawanto menyampaikan, mengingat kondisi Pasar Nglangon yang luluh lantak, Pemkab memang berencana segera melakukan pembangunan kembali. Hal itu dikarenakan keberadaan Pasar Nglangon, sangat penting terutama untuk menyelamatkan urat nadi ekonomi dan para pedagang.

Sebelumnya, Pemkab Sragen bakal mendirikan pasar darurat di Pasar Nglangon. Pasar darurat itu didirikan untuk menindaklanjuti keinginan para pedagang yang menghendaki tetap bisa berjualan pasca kebakaran.

“Mereka meminta bisa kembali segera berjualan. Makanya dalam waktu sesegera mungkin, akan kita dirikan pasar darurat untuk sementara. Tapi nggak boleh dibangun permanen, karena nanti sudah dibangun tahun depan,” terang Tatag.

Selain itu Sekda Sragen juga menambahkan, dari hasil olah TKP Tim Inafis Polres Sragen. Memastikan kebakaran Pasar Nglangon diakibatkan dari hubungan arus pendek listrik alias korsleting.

Kerugian Pasar Nglangon di Sragen diperkirakan mencapai Rp 3 miliar. Dari total keseluruhan kios 100 unit, ditambah dengan kerugian dari material dagangan milik pedagang yang ludes terbakar yang ditaksir mencapai Rp 2 miliar ditambah kerusakan bangunan mencapai Rp 1 miliar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES