Selasa, 12 November 2019
Pemerintahan

Gubernur Jatim: Psychological Support Penting untuk Warga Desa Sumberbrantas 

Gubernur Jatim: Psychological Support Penting untuk Warga Desa Sumberbrantas  Gubernur saat menyapa para pengungsi di Balai Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Senin, 21 Oktober 2019 - 18:25

TIMESINDONESIA, BATUGubernur Jatim, Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi mengatakan bahwa psychological support saat ini sangat penting untuk diberikan kepada para pengungsi bencana badai debu Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

Karena diantara para pengungsi ada yang rumahnya masih berdiri, namun juga ada pengungsi yang rumahnya sudah tidak berdiri lagi. 

Gubernur-Jatim-2.jpg

"Psychological support ini tidak harus datang bertemu langsung dengan pengungsi, karena bisa dilakukan dengan cara mengirim doa agar warga Desa Sumberbrantas diberikan ketabahan," ujar gubernur saat mengunjungi tempat pengungsian di Balai Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (21/10/2019) siang. 

Khofifah sudah menanyakan kepada Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si dan Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM perihal tiga insfrastruktur dasar masyarakat, yakni Pendidikan, Kesehatan dan layanan Ibadah. 

Penjelasan wali kota, tempat ibadah dalam keadaan baik, begitu juga dengan layanan kesehatan masih bisa beroperasi memberikan layanan kesehatan. 

Hanya saja untuk pendidikan ada SMPN 5 Sumberbrantas yang tingkat kerusakannya parah dan membutuhkan rekonstruksi dengan segera. 

"Saya mohon ke beliau (Wali kota) para siswa diliburkan satu minggu saja, selepas itu harus dibangun sekolah darurat agar tidak terlalu lama diliburkan," ujar mantan Menteri Sosial ini. 

Gubernur-Jatim-3.jpg

Pada dasarnya, kata Khofifah setiap terjadi bencana alam maupun bencana sosial disebuah kota, maka penanganan tanggungjawab ada pada kabupaten atau kota. 

Seperti bencana di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji merupakan tanggungjawab Pemkot Batu. 

Kecuali bila daerah bencana berada di lintas wilayah kota dalam provinsi maka otoritas dan tanggung jawab berada di Pemprov Jatim. 

Meski demikian kata gubernur, sebagai kerelawanan dan kemanusiaan, ia tetap meminta kepada masyarakat untuk memberikan support atas bencana yang terjadi di Kota Batu ini. 

Edisi-Senin-21-Oktober-2019-H-sore.jpg

Pemprov Jatim pun sudah memberikan pakaian, matras hingga bahan makanan sebagai bantuan. Ia pun memuji solidaritas yang dilakukan oleh masyarakat Malang Raya. 

Sebelum mengunjungi para pengungsi, Khofifah takziah ke kediaman Sadik, warga Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji yang meninggal dunia akibat tertimpa pohon dalam bencana yang terjadi di Kota Batu ini. 

Gubernur Jatim, Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi menekankan kembali soal psychological support untuk pengungsi bencana badai debu Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.  (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration