Peristiwa Daerah

Kebakaran di Gunung Ijen Juga Masuk Bondowoso, Pendakian Ditutup Sementara

Senin, 21 Oktober 2019 - 15:39 | 141.94k
Petugas saat berjibaku melawan api dan angin kencan saat kebakaran di Gunung Ijen. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Petugas saat berjibaku melawan api dan angin kencan saat kebakaran di Gunung Ijen. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOKebakaran di kawasan Gunung Ijen, juga terjadi di wilayah yang masuk administrasi Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Akibatnya, jalur pendakian ke Kawah Ijen ditutup sementara.

Penutupan jalur pendakian ke Ijen ini, berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Balai Besar Konservasi SDA Jatim, per tanggal 20 Oktober 2019.

Sekretaris BPBD Bondowoso, Abdjadi mengingatkan agar pendaki tak memaksakan untuk menaiki kawasan taman wisata alam itu.

"Kabarnya ditutup. Jadi masyarakat yang ingin ke sana, jangan dulu lah," jelasnya, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (21/10/2019).

Abdjadi mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan sejumlah tim dari Dinsos, Satpol PP, TNI dan Polri telah bahu membahu sejak  kemarin, untuk memadamkan kebakaran hutan yang belum diketahui penyebabnya itu.

kebakaran-gunung-ijen-b.jpg

Menurutnya, proses pemadaman juga mengalami kesulitan karena angin kencang. Belum lagi, banyaknya pohon tumbang di sepanjang jalan menuju titik api.

"Kita belum tahu penyebabnya. Tapi memang faktor cuaca sangat mendukung meluasnya kebakaran ini,” jelasnya.

Namun, dipastikan lokasi yang terbakar jauh dari pemukiman warga. Informasi yang dihimpun, kebakaran hutan dan lahan itu terjadi di kawasan yang masuk wilayah Bondowoso dan Banyuwangi. Karena itulah, pemadaman juga dilakukan  oleh tim dari kabupaten Banyuwangi.

Adapun kawasan Ijen yang masuk wilayah Bondowoso yang terbakar yakni di Dusun Curah Macan Desa Kalianyar, dan Dusun Girimulyo petak 85, serta Cangkringan petak 86 Desa Sumberejo, Kecamatan Ijen.

Diketahui bahwa sejak Sabtu sore (19/10/2019), di Bondowoso terjadi tiga kebakaran hutan dan lahan. Yakni selain di Kecamatan Sempol, juga terjadi kebakaran di perbatasan Bondowoso sebelah selatan, yakni di Desa Suco Kecamatan Maesan yang berbatasan dengan Kabupaten Jember. Kemudian  juga kebakaran hutan pinus di Desa Sumber Pandan, Kecamatan Grujugan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES