Peristiwa - Daerah

Sejumlah Kawasan Hutan di Probolinggo Terbakar

Sejumlah Kawasan Hutan di Probolinggo Terbakar Pemadaman api di lereng Tengger oleh personel TNI dan stake holder lainnya. (FOTO: Letkol Inf Imam WIbowo for TIMES Indonesia)
Senin, 21 Oktober 2019 - 13:57

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Musim kemarau hebat yang melanda Probolinggo, Jawa Timur, menyebabkan kebakaran hutan di sejumlah lokasi. Setidaknya, ada empat titik lokasi kebakaran hutan yang saat ini. Sulitnya medan dan jauhnya sumber air, membuat petugas kesulitan, saat melakukan pemadaman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada empat titik api yang ditemui tim gabungan. Tim gabungan ini, terdiri dari TNI, Polri, BPBD, RPH dan masyarakat. “Empat titik api itu, tersebar di tiga lokasi kejadian. Saat ini kami masih berupaya melakukan pemantauan dan pemadaman,” kata Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo, Senin (21/10/2019).

Kebakaran ini terjadi di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Desa Kertonegoro Pakuniran dan Desa Pusung, Kecamatan Sukapura. Imam menyebut, untuk kawasan Desa Sapih, ada empat hektar lahan terbakar. Begitu juga yang terjadi di Kecamatan Sukapura. Sementara di Kecamatan Pakuniran, lahan yang terbakar sekitar dua hektar lebih.

Medan terjal dan licin, serta akses masuk mobil pemadam kebakaran yang sulit, membuat proses pemadaman berjalan lambat. Sejauh ini, kebakaran hutan dan lahan di Probolinggo ini diduga karena kondisi alam yang sangat ekstrim. Panas begitu tinggi, serta kencangnya tiupan angin sehingga sangat mudah menimbulkan percikan api, saat dahan kering dan semak belukar kering bergesekan.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait, untuk memantau dan memadamkan api. Menggunakan peralatan seadanya,” tandasnya. Sejauh ini, tim gabungan di Probolinggo, Jawa Timur, masih terus memantau lahan yang berpotensi mengalami kebakaran. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration