Pemerintahan

Jurus Jitu Atasi Masalah Stunting, DPKPK Kabupaten Malang Bangun Septic Tank Biofilm

Jurus Jitu Atasi Masalah Stunting, DPKPK Kabupaten Malang Bangun Septic Tank Biofilm Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM saat mendampingi Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM saat meninjau Infratruktur septic tank bio film. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Senin, 21 Oktober 2019 - 13:41

TIMESINDONESIA, MALANG – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK Kabupaten Malang) memiliki jurus jitu untuk mengatasi masalah stunting, yakni dengan membangun infrastruktur Septic Tank Biofilm.

Infrastruktur tersebut dikenalkan saat meresmikan Genta Baja (Gerakan Serentak Membangun Jamban), di Halaman Parkir Belakang Kantor Bupati Malang, Senin (21/10/2019).

Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengatakan, infrastruktur pembangunan septic tank bio film ini akan mulai direalisasikan pada tahun 2020 mendatang.

"Infrastruktur ini nantinya akan kami padukan pada program bedah rumah plus plus yang sasarannya merupakan warga berpenghasilan rendah maupun kurang mampu," ujar Wahyu kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada beberapa keunggulan apabila memakai Infrastruktur septic tank bio film ini. Diantaranya ramah ligkungan, biaya murah serta tahan lama.

"Apabila hari ini dipasang, maka baru mengurasnya lima tahun mendatang. Selain itu, Infratruktur ini juga menghasilkan air bersih yang ramah lingkungan dan tanah," terangnya.

Menurutnya, untuk pemasangan satu Infratruktur ini membutuhkan biaya Rp 3,5 juta. "Melalui pembangunan infrastruktur ini, program bedah rumah langsung tuntas," katanya.

"Sudah tidak perlu lagi Membangun Infrastruktur lainnya berupa septic tank. Karena sudah include saat pembagunan bedah rumah plus plus ini," tutur mantan Camat Tajinan tersebut.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan infrastruktur Septic Tank Biofilm tersebut, maka akan mempermudah penanganan masalah sanitasi yang dilakukan DPKPCK Kabupaten Malang. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration