Pendidikan

Ini Pemenang Lomba Debat Nasional Political Event 2019 yang Digelar FISIP UB

Senin, 21 Oktober 2019 - 06:45 | 263.51k
Pemenang Juara 1 dari Universitas Airlanga Team B atas nama Khairul Mujahid Sangadi, Noor Thoyibah Apriliana, Annisa Taqiyyatul Azizah dalam Lomba Debat Nasional Political Event 2019. (foto : Istimewa)
Pemenang Juara 1 dari Universitas Airlanga Team B atas nama Khairul Mujahid Sangadi, Noor Thoyibah Apriliana, Annisa Taqiyyatul Azizah dalam Lomba Debat Nasional Political Event 2019. (foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemenang Lomba Debat Nasional Political Event 2019 (POLITE 2019) yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB), diumukan pada gala dinner saat puncak acara, Minggu (20/10/2019) di gedung perkuliahan FISIP UB.

Juara 1 diraih oleh Universitas Airlanga Team B atas nama Khairul Mujahid Sangadi, Noor Thoyibah Apriliana, Annisa Taqiyyatul Azizah.

Sedang, juara 2 direbut oleh Universitas Muhammadiyah Malang atas nama Wildan Arif, Muhammad Fitrah Ashary, Ana Fauzia. Serta Best Speaker, Muhammad Fitrah Ashary berasal dari UMM Team C.

"Kelihatan kalau peserta ini mengutamakan substansi. Tapi juga tidak lupa dengan manner. Itu yang saya suka karena, gimana sih caranya juri bisa denger menangkap substansi mereka kalau penyampaiannya saja sudah buruk. Nah makanya meskipun manner itu kadang di lomba debat merupakan komponen yang paling kecil, tapi itu juga penting, karena itu menjadi saluran agar juri bisa mengerti dengan apa yang dimaksud oleh delegasi atau peserta tersebut," kata Esterlita, Ketua tim juri POLITE 2019, ketika ditanya soal peserta lomba.

Sejauh ini, kata Ester, nama akrabnya, peserta lomba sudah benar memahami beberapa penjelasan yang sudah dirilis oleh panitia. "Karena melihat saat perdebatan itu, mereka memiliki argumentasi yang dalam," jelasnya.

Pada saat ajudikasi verbal, Ester dan tim juri yang dia pimpin sangat menghargai bila seorang debater membawa gagasan yang out of the box. Gagasan yang belum terpikirkan oleh masyarakat luas

"Itu yang membedakan mahasiswa dengan masyarakat awam. Bagusnya, peserta itu mau menerima masukan dari para dewan juri. Jadi sepanjang pelaksanaan debat ini, peserta itu tidak ada yang tidak legowo atas kekalahan atau semacamnya," tutup Ester.

Rangkaian acara POLITE 2019 ini akan ditutup oleh kegiatan Seminar Nasional “Diskursus Politik: Menakar Masa Depan Indonesia Pasca Pemilu 2019”.

Acara itu menghadirkan Prof. Dr. Ahmad Mubarok, M.A, Politisi Senior & Anggota MPR-RI 1999-2004, Rizky Emirdhani Utama, S.I.P, Gerakan Milenial Indonesia & Founder Youth Power Indonesia dan Prof. Dr. Siti Zuhro, M.A, Peneliti Politik LIPI, seminar ini dijamin akan menarik perhatian mahasiswa. Tidak hanya dari bidang politik, namun bidang ilmiah dan sosial.

Acara seminar dalam rangkaian Lomba Debat Nasional Political Event 2019 yang digelar Fisip UB tersebut akan digelar Senin, 21 Oktober 2019 di Gedung Kebudayaan Mahasiswa Universitas Brawijaya. Acara dimulai pukul 08.00 WIB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES