Peristiwa Daerah

Evakuasi Korban Badai Debu Desa Sumberbrantas Terus Berlanjut

Minggu, 20 Oktober 2019 - 23:04 | 75.31k
Petugas terus mengevakuasi warga yang berada di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Petugas terus mengevakuasi warga yang berada di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Hingga Minggu (20/10/2019) pukul sekitar pukul 22.00 WIB, bunyi sirine ambulan terus silih berganti mewarnai proses evakuasi korban bencana badai debu Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

Lampu di daerah bencana Desa Sumberbrantas, Tulungrejo hingga Punten malam ini padam, sementara badai masih berlangsung malah lebih parah. 

Korban-Badai-Debu-3.jpg

Tower menara seluler yang berdiri di desa ini dikabarkan tumbang. Petugas gabungan terus berusaha mengevakuasi warga dari daerah bencana. 

Kesibukan luar biasa juga terlihat di Posko BPBD di Desa Punten, Balai Desa Punten, Balai Desa Sumbergondo, Balai Desa Tulungrejo hingga Rumah Dinas Wali Kota dipergunakan untuk mengungsi warga Desa Sumberbrantas yang berusia lanjut dan anak serta balita. 

"Tolong pak, bapak saya masih tertinggal di rumah sendirian, tolong dijemput ke sini," ujar seorang wanita meminta bantuan kepada petugas BPBD. 

Dengan sabar, petugas BPBD mencatat nama orang tua wanita ini serta alamat. Di tempat yang lain, seorang nenek mencari cucunya, mereka terpisah. Petugas BPBD dibantu Tagana hingga berbagai relawan lain membantu mencarikan satu persatu. 

Sementara warga masyarakat dari desa lain berbondong-bondong memberikan pertolongan. Mereka memberikan bantuan makanan, untuk para pengungsi. 

Korban-Badai-Debu-2.jpg

Tidak kurang 985 pengungsi berada di beberapa titik pengungsian ini, jumlah mereka terus bertambah dan berkurang, karena ada pengungsi yang dijemput keluarganya. 

Tercatat satu orang meninggal dunia atas nama Shodiq, warga Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji yang tertimpa pohon. Dua orang dilarikan ke RS karena tersayat seng dan pecahan kaca dan beberapa orang mengalami luka-luka dan gangguan saluran pernafasan.  

Seluruh wilayah Desa Sumberbrantas hampir seluruhnya lumpuh. Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum. Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi.

"Ada beberapa kebutuhan pengungsi, terutama kebutuhan bayi, seperti pampers, handuk, kaos kaki anak, pembalut dan bubur," ujar Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito. 

Polres Batu pun mengerahkan anggotanya untuk mengevakuasi warga Desa Sumberbrantas ke Posko Pengungsi. 

Sampai berita ini ditulis, proses evakuasi korban bencana badai debu Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu masih berlangsung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES