Peristiwa Daerah

Gunung Ijen di Banyuwangi Juga Ikut Terbakar

Minggu, 20 Oktober 2019 - 18:50 | 237.74k
Kebakaran Kawah Ijen, Banyuwangi. (Foto: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Kebakaran Kawah Ijen, Banyuwangi. (Foto: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SBANYUWANGI – Tak hanya kawasan Gunung Ranti di Banyuwangi saja yang terbakar hebat, kobaran api juga melahap kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen. Sejumlah pohon di jalur pendakian Gunung Ijen pun ikut terbakar. Api menjulang tinggi hingga 20 meter, mengelilingi area Paltuding (rest area dan resto), Minggu (20/10/2019).

Badai angin yang terjadi puncak gunung tersebut, semakin memperparah keadaan. Sejumlah pohon-pohon tumbang melintang di jalanan, membuat warga dan tim pemadam terjebak di dalam abu asap tebal.

Hingga saat ini, titik-titik api masih nampak jelas tersebar di segala sudut. Potongan-potongan bara beterbangan terbawa angin dan membuat lautan api baru. Fenomena ini sangat jelas apabila disaksikan dari sejumlah desa di kaki pegunungan Ijen, misalnya saja Desa Licin.

"Api terus membesar. Pohon-pohon tumbang, area ini kita tutup sementara untuk semua pengunjung," kata Kepala Resor TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo. 

Kebakaran di wilayah Widodaren ini, kata Sigit, imbas dari loncatan api di kawasan petak 86 ke petak 87. Api cepat merambat karena didorong dengan kencangnya angin di kawasan tersebut.

"Ada badai di atas, sehingga api cepat menyambar. Sementara untuk pemadaman, akses menuju Widodaren sangat sulit. Kita hanya batas memantau dan mewaspadai," katanya.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat yang mengetahui hal ini tidak menaiki gunung Ijen untuk sementara waktu. Baik karena penasaran ataupun ingin melihat api secara langsung.

"Pohon-pohon di tepian jalan juga terbakar, dan itu berbahaya bagi pengendara. Jadi kami mohon untuk tidak naik ke atas," tambahnya.

Pantauan TIMES Indonesia di lokasi kebakaran, saat ini area Gunung Ranti, dan Kawah Gunung Ijen di Banyuwangi telah dikepung oleh asap abu berbahaya. Asap gelap pekat membuat pandangan terhalangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES