Peristiwa Daerah

GenBi Jember Pun Kepincut Kelucuan Tukik Pantai Cemara Banyuwangi

Minggu, 20 Oktober 2019 - 16:07 | 146.99k
Anggota GenBi Jember saat melakukan pelepasan tukik di pantai Cemara, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Anggota GenBi Jember saat melakukan pelepasan tukik di pantai Cemara, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pesona pantai Cemara di Dusun Rowo, Desa Pakis, Kecamatan Kota Banyuwangi, benar-benar membius anggota Generasi Baru Indonesia (GenBi) Jember. Khususnya, ketika para penerima beasiswa Bank Indonesia tersebut melakukan pelepasan tukik atau bayi satwa langka penyu, yang merupakan puncak rangkaian kegiatan Bersih Indonesia 2019.

Kadung kepincut, sebelum dilepas ke laut lepas mereka menyempatkan diri untuk mengambil gambar hingga ber swafoto bersama tukik.

“Mungil, imut dan lucu, sangat sayang jika satwa ini tidak dilestarikan,” ucap Humas Bersih Indonesia 2019, Dandy Ardiyansyah, Minggu (20/10/2019).

Genbi-Jember-ab.jpg

Agenda ini merupakan hari terakhir acara bertema ‘Aksi Bersama Kelola Sampah dan Lestarikan Alam Bangun Wisata Ecotourism’ yang digawangi GenBi Jember. Di pantai Cemara, selain melakukan pelepasan tukik, mereka juga menyerahkan bantuan tempat sampah kepada pihak pengelola tempat wisata setempat.

Usai melakukan rangkaian kegiatan, 100 an anggota Genbi Jember, menyempatkan berkeliling salah satu destinasi unggulan Bumi Blambangan. Pantas saja, pemandangan alam disini memang cukup indah. Suara deburan ombak, hembusan angin sepoi dan suasana teduh pepohonan cemara, semua bercampur manjadi satu daya tarik.

Apalagi di pantai Cemara juga terdapat tempat penangkaran penyu. Bagi kaum milenial pastinya itu sangat menarik untuk pengayaan wawasan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Cemara, Banyuwangi, Muhammad Muhyi, selaku pihak pengelola dia mengaku sangat mendukung kegiatan Bersih Indonesia 2019 yang digelar GenBi Jember. Tak heran, selama memandu acara, dia menerangkan banyak hal.

Genbi-Jember-ac.jpg

Khususnya terkait penangkaran yang merupakan salah satu usaha pelestarian satwa penyu. Dijelaskan, di pantai Cemara Banyuwangi, menjadi salah satu pendaratan 2 jenis penyu, yakni penyu Lekang dan penyu Hijau.

“Di Banyuwangi terdapat 2 tempat penangkaran penyu, di Sukomade dan di pantai Cemara, penyu disini sangat produktif dalam bertelur. Disini, konservasi mulai dari penetasan sampai tahap pelepasan,” ungkapnya.

Bersih Indonesia 2019 ini digaungkan GenBi Jember, sejak 17 Oktober 2019 lalu. Kegiatan perdana dilakukan di Kabupaten Lumajang dan Situbondo. Dan tanggal 19-20 Oktober 2019, dilanjut di Bumi Blambangan. Dan puncak acara dilaksanakan di pantai Cemara. Sengaja digelar sebagai bentuk kepedulian serta upaya menjaga kelestarian Lingkungan hidup. Dan mengajak para kaum milenial untuk menjadi garda terdepan penggerak kaum muda untuk melestarikan alam guna mendorong tumbuh kembang Ecotourism. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES