Peristiwa Daerah

Genjot Produksi Beras di Kab Gresik, BPTP Jatim Gelar Rakor

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:17 | 35.53k
Rapat Koordinasi yang digelar oleh BPTP Jatim di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Gresik bersama TNI dan penyuluh lapang, Sabtu (18/10/2019).
Rapat Koordinasi yang digelar oleh BPTP Jatim di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Gresik bersama TNI dan penyuluh lapang, Sabtu (18/10/2019).

TIMESINDONESIA, GRESIKBPTP Jatim menggelar rapat koordinasi di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Gresik bersama TNI dan penyuluh lapang, Sabtu (18/10/2019).

Rakor dilaksanakan untuk mencapai swasembada pangan di Jatim, terlebih saat ini tengah menghadapi musim kemarau.

BPTP-Jatim-2.jpg

Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi yang cukup tinggi untuk komoditas padi, jagung dan kedelai. 

Kabupaten ini memiliki luas baku lahan yang cukup besar, sehingga mampu memberikan sumbangsih dalam pencapaian swasembada pangan, khususnya di Jawa Timur. 

Namun, bukan berarti tak ada kendala yang melanda. Gresik juga sangat berpotensi dalam bidang industri, sehingga lahan semakin sempit. Namun pemerintah daerah setempat tidak tinggal diam, dikeluarkan legalitas 24.000 hektar sawah sebagai lahan pertanian abadi. 

BPTP-Jatim-3.jpg

Hal ini juga didukung oleh pemerintah pusat, melalui program UPSUS Pajale kementerian pertanian memberi dukungan penuh pada kabupaten ini. 


Hadir dalam acara Kepala Dinas Pertanian beserta jajaran kepala bidang yang membawahi, BPTP Jatim, Dinas PU Pengairan, Pasiter kodim beserta Danramil 18 kecamatan.

Rakor dibuka oleh kepala Dinas Pertanian Kab Gresik. Salam sambutannya ia menyampaikan bahwa berdasarkan data iklim tahun 2017 kabupaten Gresik terjadi penurunan curah hujan hingga 85% dan menurut BMKG hanya 20 mm. "Hal ini dapat dikatakan kering. Sehingga untuk musim tanam kali ini terjadi penurunan dibandingkan musim tanam yang sama pada tahun lalu," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk padi kurang 543 ha, jagung kurang 6.340 ha dan kedelai 158 ha. "Untuk itu perlu sinergi petugas lapang dan danramil turun ke lapang untuk mengoptimalkan potensi yang ada di wilayah masing-masing," tegasnya.

Semenyara itu sarana dan prasarana berupa alsintan yang telah diturunkan oleh pemerintah pusat melalui APBN telah dimanfaatkan secara optimal. 

Alsintan yang telah diperoleh kabupaten Gresik dari APBN antara lain traktor roda 2 sebanyak 544 unit, pompa air 271 unit, rice tranplanter 61 unit, handsprayer 65 unit dan traktor roda 4 sebanyak 6 unit melalui Dinas Pertanian. 

Sedangkan ada pula yang melalui kodim antara lain traktor roda 2 sebanyak 20 unit, traktor roda 4 sebanyak 1 unit, raice tranplanter 5 unit, pompa air 10 unit, excavator 1 unit dan handsprayer 65 unit dalam kondisi baik dan layak.

Hasil kesepakatan prognosa komoditas padi untuk Oktober sanggup menanam 591 hektar November 15.076 hektar dan Desember 11.909 hektar. Sedangkan untuk komoditi jagung prognosa Oktober 1.324 hektar, November 6.524 hektar dan Desember 1.569 hektar. 

Melalui rakor BPTP Jatim ini, diharapkan, laju LTT ini diikuti dengan produktivitas yang terus meningkat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES