Pendidikan

Kuatkan Teaching Factory System, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Kunjungi Polbangtan Malang

Minggu, 20 Oktober 2019 - 07:44 | 53.81k
Kunjungan kerja Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Sulawesi Utara di Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Kunjungan kerja Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Sulawesi Utara di Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Sulawesi Utara Ir. Adi Suseno, M.Si melakukan kunjungan kerja di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan Malang), Sabtu (19/10/2019) kemarin.

Kegiatan kunjungan diawali dengan paparan proses pembelajaran di masing-masing Perguruan Tinggi, dilanjutkan kunjungan lapangan. Kedua pihak melakukan sharing tentang sistem pembelajaran berbasis Teaching Factory

Mereka berbagi gagasan tentang pembelajaran terintegrasi berbasis Teaching Factory. 

Hal ini menuntut adanya peran pihak dunia usaha dan dunia industri berturut serta merancang bersama penyusunan kurikulum untuk menghasilkan suatu produksi yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri. 

Transformasi Perubahan Kelembagaan dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang membawa konsekuensi adanya perubahan sistem pembelajaran berbasis Teaching Factory mulai diterapkan di Polbangtan Malang. 

Wakil Direktur II Polbangtan Malang Dr. Ir. Ismulhadi, M.Si menjelaskan, tuntutan tersebut di atas adalah dalam rangka untuk mewujudkan profil lulusan Polbangtan Malang sebagai job creator dan job seeker.

"Kami menyambut baik atas kunjungan kerja ini. Kita semua dapat mengambil hikmah untuk memperbaiki sistem pembelajaran berbasis Teaching Factory yang lebih baik," ujar Ismulhadi didampingi pejabat struktural, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi.

Sementara, menurut Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Sulawesi Utara Ir. Adi Suseno, M.Si proses pembelajaran berbasis Teaching Factory menjadi kata kunci dalam keberhasilan pendidikan vokasi. 

"Politeknik Kelautan dan Perikanan telah memasukkan Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk membangun unit produksi sebagai proses pembelajaran dan Dosen terlibat di dalamnya," katanya.

Terdapat kesamaan pandangan bahwa sistem  pembelajaran berbasis Teaching Factory sifatnya wajib diterapkan untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang sesuai dengan tuntutan DUDI.

Kunjungan kerja Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung ke Polbangtan Malang membahas beberapa hal, salah satunya adalah tentang sistem pembelajaran yang terbaik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES