Peristiwa Daerah

Dandim Sumba Timur Ingin Pramuka Asah Kemampuan Kepemimpinan

Minggu, 20 Oktober 2019 - 09:02 | 56.99k
Dandim 1601 Kabupaten Sumba Timur NTT, Letkol Inf. Johan A. P Marpaung dalam memberikan materi kepada Gudep siswa Madrasyah Aliyah Swasta(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Dandim 1601 Kabupaten Sumba Timur NTT, Letkol Inf. Johan A. P Marpaung dalam memberikan materi kepada Gudep siswa Madrasyah Aliyah Swasta(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMURDandim 1601 Sumba Timur Letkol Inf. Johan A. P Marpaung, S.Ip mendukung Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (PERJUSAMI) Pramuka Gudep Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kabupaten Sumba Timur. Menurutnya, kegiatan ini bisa menjadi latihan mental, karakter dan kepemimpinan.

“Melalui kegiatan PERJUSAMI ini kita wujudkan kerjasama pembinaan pramuka yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi muda dalam menghadapi tantangan dan ancaman terhadap eksistensi sebagai generasi pemimpin penerus bangsa,” kata Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Inf. Johan A. P Marpaung, S.Ip Minggu (20/10/2019).

Menurutnya, kepemimpinan dalam kegiatan kepramukaan adalah suatu seni.

Kodim-SUmba-Timur.jpg

Tal lupa, Dandim berpesan bahwa pemimpin harus mempunyai wawasan yang tinggi agar menjadi contoh dalam sikap dan perilaku.

“Jadi dari kegiatan ini kita harus ambil contoh dan teladan, maka adik-adik pramuka harus mempunyai sikap kepemimpinan yang diandalkan untuk menjadi pedoman dalam kehidupan sehari hari,” ujarnya.

Dandim menambahkan, TNI khususnya Kodim 1601 Sumba Timur dalam bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk berusaha membina dan mengembangkan pendidikan bela negara dan kepramukaan dengan keukutsertaan memajukan gerakan pramuka di Indonesia.

“Ini sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda yang berbasis nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme dan semangat pantang menyerah serta berkorban demi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan RT 08/RW 01 Kelurahan Wangga, Kecamatan Kambera diikuti  86 orang,

Dandim juga menyampaikan apresiasinya, dengan kegiatan perkemahan ini. Menurutnya, kepramukaan memiliki potensi pertahanan dan keamanan dalam kepentingan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap dalam pelaksanaan kepramukaan ini dapat mencapai sasaran karena itu, pramuka harus memliki sikap kemandirian penuh rasa tanggung jawab dan komitmen yang kuat terhadap masyarakat bangsa dan negara,” ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES