Peristiwa Daerah

BPBD Banyuwangi: Kebakaran Gunung Ranti Diduga Ulah Manusia

Minggu, 20 Oktober 2019 - 00:57 | 64.51k
Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Badan Penanggung Bencana Nasional (BPBD) Banyuwangi, menduga sumber api kebakaran Gunung Ranti merupakan imbas dari aktivitas sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab. Sumber api tersebut, mulanya berasal dari wilayah administratif Kabupaten Bondowoso, Minggu (20/10/2019).

"Karena di wilayah itu, sering terjadi pembukaan lahan dengan cara dibakar," kata Eka Muharam, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi.

Sehingga, apinya merembet hingga ke wilayah administratif Banyuwangi. Dalam penangan bencana tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemangku wilayah, yakni Perhutani KPH Barat.

Secara tanggap, pihaknya telah berupaya mengeliminasi kobaran api. Sehingga api tidak melebar semakin jauh. Di mana, telah diterjunkan Satgas pemadam kebakaran hutan.

"Perkiraan sementara, kebakaran di Gunung Ranti Banyuwangi ini, sekitar 10 hektar," kata Eka.

Hal itu bisa saja lebih, lanjut Eka, dikarenakan titik api juga ditemukan dilain tempat. "Kebakaran di Gunung Ranti Banyuwangi ini sudah biasa terjadi setiap tahunnya. Kemungkinan, besok api sudah bisa dipadamkan," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES