Olahraga

Animo Masyarakat Tinggi, Turnamen Karate Dandim Cup Bakal Jadi Agenda Rutin

Animo Masyarakat Tinggi, Turnamen Karate Dandim Cup Bakal Jadi Agenda Rutin Atlet karate dalam Karate Jember Open Championship 2019 Dandim Cup tengah beradu kemampuan kata. (foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:48

TIMESINDONESIA, JEMBER – Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Laode Muhammad Nurdin membuka Karate Jember Open Championship 2019 Dandim Cup di GOR PKPSO Kaliwates, Jember, Sabtu (19/10/2019). Laode menyebut turnamen tersebut akan membawa harum nama Kabupaten Jember di kancah cabang olahraga (cabor) karate di tingkat regional maupun nasional.

"Karena turnamen ini merupakan turnamen karate terbesar yang pernah diselenggarakan di Kabupaten Jember. Dan turnamen ini menjadi ajang untuk mencari bibit atlet karate yang handal yang membawa harum nama Kabupaten Jember," kata Laode kepada sejumlah awak media di lokasi turnamen berlangsung.

Dandim-Cup-2.jpg

Laode menerangkan bahwa turnamen tersebut juga menjadi bukti apresiasi dan dukungan pihaknya dan Pemkab Jember dalam pengembangan cabor karate di Kota Karnaval.

"Misal di Kodim, kami menyediakan aula Kodim sebagai tempat latihan karate sebagai bagian dari kepedulian kami dengan pembinaan generasi muda harapan bangsa," ujarnya.

Melihat antusias masyarakat yang tinggi dalam turnamen karate Dandim Cup tersebut, Laode berjanji akan menjadikan turnamen itu sebagai agenda rutin yang digelar setiap tahun.

Dandim-Cup-3.jpg

Sementara itu, Ketua Panitia Karate Jember Open Championship 2019 Dandim Cup Jatmiko menerangkan bahwa jumlah atlet karate yang ikut berlaga dalam turnamen tersebut mencapai 642 atlet. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Lumajang, Bondowoso, Malang, Situbondo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan tentunya Jember.

"Harapan kami Dandim Cup ini menjadi ikon kejuaraan karate di Jawa Timur bagian timur," harap Jatmiko.

Lebih lanjut, dia menerangkan, para juara yang keluar dari hasil turnamen nanti akan mengikuti pembinaan melalui pemusatan latihan yang dilakukan pihaknya.

"Dan selanjutnya kami juga akan mengadakan sirkuit karate setiap tiga bulan sekali," terangnya.

Tidak hanya itu. Jatmiko menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kodim 0824 Jember untuk mengembangkan cabor karate di setiap kecamatan di Kabupaten Jember.

"Kami akan mengadakan satu kecamatan satu tempat latihan karate. Kami akan minta Kodim 0824 Jember yang jadi pembinanya," imbuhnya.

Karate Jember Open Championship 2019 Dandim Cup digelar untuk meramaikan HUT ke-74 TNI. Turnamen tersebut digelar selama dua hari, yakni mulai 19 dan 20 Oktober 2019. TIMES Indonesia menjadi media partner dalam turnamen karate tersebut. (*)

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Registration