Peristiwa Daerah

Gunung Ranti di Banyuwangi Terbakar

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 20:59 | 278.85k
Kebakaran di Gunung Ranti, Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
Kebakaran di Gunung Ranti, Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIGunung Ranti Kabupaten Banyuwangi mengalami kebakaran hebat, Sabtu (19/10/2019) petang. Berdasarkan informasi yang didapatkan, kebakaran terjadi di sisi barat, tapatnya di belakang rest area Gunung Ranti.

Elis salah satu pemilik warung di area Platuding membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. "Kebakarannya besar. Itu sore sudah terlihat. Tapi semakin membesar pas waktu Maghrib," katanya melalui sambungan telepon seluler.

Gunung-Ranti-2.jpg

Elis mengatakan, kebakaran terjadi di jalur pendakian Gunung Ranti sisi sebelah barat, sehingga terlihat jelas dari Kawasan Rest Area Gunung Ranti Maupun Paltuding. Jelas sekali kebakarannya. Terlihat jelas," imbuhnya.

Menurut Elis, ada 4 orang wisatawan yang tengah melakukan pendakian di Gunung Ranti saat kebakaran terjadi. Diduga kuat mereka berempat terjebak, mengingat kobaran api semakin membesar.

"Sebenarnya mereka sudah dilarang oleh para pemilik warung. Karena memang di sana sering kebakaran. Tapi mereka memaksa untuk mendaki, dan terjebak di atas," imbuhnya.

Perempuan asal Desa Tamansari Kecamatan Licin ini lantas memilih turun ke bawah, karena kondisi angin di Kawasan wisata Kawah Ijen cukup kencang. "Takut mas. Mending pulang, pohon banyak yang tumbang akibat angin kencang. Khawatirnya, api merembet," pungkasnya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada informasi resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, tentang penyebab pasti kebakaran. Termasuk kondisi 4 wisatawan yang diduga terjebak di Gunung Ranti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES