Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Prihatin Kumuh, Sungai Kotor dan Bau akan Disulap Mahasiswa Unisla Jadi Lahan Budidaya Ikan

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 10:50 | 91.29k
Mahasiswa Fakultas Perikanan Unisla dan anggota Jemapala bergotong royong membersihkan sampah di sungai Jalan Veteran Lamongan, Sabtu, (19/10/2019). Foto: Rif'atul Machmud/AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa Fakultas Perikanan Unisla dan anggota Jemapala bergotong royong membersihkan sampah di sungai Jalan Veteran Lamongan, Sabtu, (19/10/2019). Foto: Rif'atul Machmud/AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Fakultas Perikanan (Faperik) dan UKM) Jelajah Mahasiswa Pecinta Alam (Jemapala) Universitas Islam Lamongan (Unisla) menginisiasi program sungai bersih di sepanjang Jalan Veteran, Kota Lamongan, Jawa Timur.

Inisiatif ini berawal dari keprihatinan para mahasiswa Unisla terhadap kondisi sungai di sepanjang Jalan Veteran, Kota Lamongan, yang penuh dengan limbah rumah tangga dan sampah.

Sungai-Kotor-dan-Bau.jpg

"Ini masih langkah awal kita, namun perlu dimulai sedini mungkin,” kata Endah Sih Prihatini, Dekan Faperik Unisla, Sabtu, (19/10/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan mahasiswa perikanan dan anggota UKM Jemapala ini dimulai dengan mengangkat sampah yang mengendap di dasar sungai sepanjang Jalan Veteran. Sampah-sampah itu kemudian dikumpulkan dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sungai-Kotor-dan-Bau-2.jpg

"Ke depan, Faperik unisla memproyeksikan sungai di Jalan Veteran, mulai dari SMK NU hingga SMAN 1 Lamongan sebagai sungai bersih yang menjadi percontohan sungai di kabupaten Lamongan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Endah menuturkan, Faperik Unisla juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memanfaatkan sungai bersih sebagai kolam budidaya ikan.

“Maksimal pelaksanaannya musim penghujan tahun ini,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES