Pemerintahan

Pendaftar Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara Tembus 600 Peserta

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 00:04 | 43.08k
Rapat Penjelasan teknis dan administratif (Aanwijzing) Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara di Jakarta, Jumat (18/10/2019). (Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Rapat Penjelasan teknis dan administratif (Aanwijzing) Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara di Jakarta, Jumat (18/10/2019). (Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hingga 18 Oktober 2019 pukul 14.00 WIB, tercatat 672 peserta telah mendaftar untuk mengikuti Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) tingkat nasional yang resmi dibuka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (Kementerian PUPR RI) pada tanggal 2 Oktober 2019 lalu di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Masa pendaftaran yang dimulai sejak tanggal 3 Oktober itu akan ditutup pada 21 Oktober 2019 yang akan datang.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI, Anita Firmanti Eko Susetyowati sayembara ini bertujuan untuk memperoleh ide atau gagasan soal desain kawasan IKN melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung pada bidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota, maupun disiplin lain yang terkait di Indonesia.

"Kami berharap agar para peserta dapat mencurahkan gagasan-gagasannya untuk mentransformasikan setiap kriteria ke dalam bentuk desain kota yang kita impikan dan akan kita wujudkan bersama," kata Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI dalam Rapat Penjelasan teknis dan administratif (Aanwijzing) Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Rapat-PUPR-3.jpg

Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga selaku Ketua Tim Panitia Pelaksana sayembara ini , usai penjelasan teknis, mengatakan peserta juga diundang untuk mengikuti penjelasan lapangan di Kalimantan Timur pada Senin (21/10/2019).

"Harapannya para peserta memahami betul daerah yang akan dirancangnya, kita berikan gambaran wilayah perencanaan secara transparan. Sehingga nantinya peserta dapat mendapatkan gambaran untuk menentukan titik pusat pemerintahan dan pengembangannya dalam gagasan desain yang dibuat," ujarnya.

Peserta juga akan mendapatkan penjelasan dari Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Nicodemus Daud tentang batas-batas wilayah perencanaan, peta informasi lokasi IKN baru sebagai dasar acuan penyusunan desain.

"Kami siapkan lengkap peta jalan, jaringan listrik, jaringan pipa migas, jaringan serat optik, dan juga kontur wilayahnya. Semuanya bisa diakses pada situs http://sayembaraikn.pu.go.id," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi menambahkan, informasi peta tersebut dapat digunakan peserta Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara Kementerian PUPR RI untuk menentukan titik lokasi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan.  "Titik itu yang akan mempengaruhi perkembangan kawasan lainnya, dengan mempertimbangkan berbagai aspek dari sejumlah jenis peta yang disediakan panitia pelaksana," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES