Gaya Hidup

Agar Tidak Cepat Pikun, Yuk Lakukan Latihan Otak Ini

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 02:50 | 190.28k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Otak merupakan organ dalam tubuh yang memiliki peran penting. Seiring bertambahnya usia, bisa jadi fungsi otak jadi menurun. Hal ini bisa menyebabkan Anda bisa cepat pikun. Agar tidak mudah pikun, Anda harus menjaga kesehatan otak. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan latihan otak.

Untuk mencegah cepat pikun, ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

1. Melatih ingatan

Jika Anda melihat sebuah daftar, baik itu daftar nama atau daftar belanjaan, misalnya, cobalah untuk mengingatnya. Latihan otak ini dapat digunakan untuk mengetes kemampuan demi mencegah pikun.

Setelah satu jam, cobalah untuk mengingat-ingat informasi yang ada dalam daftar yang telah Anda hafalkan. Kalau perlu, buat sendiri daftar panjang mengenai suatu hal dengan kata-kata yang susah. Semakin susah, otak Anda akan semakin terstimulasi.

2. Dengarkan atau mainkan alat musik

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan setiap hari adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu latihan otak karena dapat menstimulasi otak.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari cara memainkan instrumen musik. Saat mempelajari hal yang baru, sel-sel saraf otak yang baru akan muncul dan menyimpan semua informasi baru yang sedang Anda pelajari tersebut. Semakin sering melakukan latihan ini semakin baik untuk ingatan Anda.

3. Hitung-hitungan di kepala

Daripada menghitung menggunakan kalkulator yang ada di ponsel atau mencorat-coret kertas, melakukan hitung-hitungan di dalam kepala adalah salah satu latihan otak untuk mencegah pikun.

Pasalnya, untuk mendapatkan jawaban yang benar, menghitung dengan cara membayangkan lebih banyak tantangannya daripada melihat angka-angkanya di depan mata.

4. Ajarkan ilmu baru pada orang lain

Mempelajari ilmu yang baru adalah suatu latihan otak yang bisa digunakan untuk mencegah agar Anda tidak mudah pikun. Tetapi, tidak berhenti di situ saja, Anda sebaiknya juga membagikan ilmu ini ke orang lain.

Hal ini membuat otak menjadi lebih paham mengenai konsep ilmu baru yang Anda pelajari dan berusaha untuk mengingatnya.

5. Ikut kelas memasak

Memasak adalah salah satu aktivitas yang membuat Anda menggunakan seluruh indera yang Anda miliki. Contohnya, Anda akan menggunakan indera penciuman Anda untuk mencium bau masakan. Lalu menggunakan indera penglihatan Anda untuk memasak, dan menggunakan indera peraba Anda untuk menyentuh bahan masakan.

Tidak lupa, Anda juga menggunakan indera pengecap untuk merasakan hasil masakan Anda. Hal ini merupakan salah satu latihan otak untuk mencegah pikun karena Anda menggunakan bagian otak yang berbeda-beda saat menggunakan masing-masing indera.

6. Gunakan tangan yang tidak dominan

Salah satu latihan otak lainnya yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah pikun adalah melakukan aktivitas menggunakan tangan yang biasanya jarang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda terbiasa menulis dengan tangan kanan, cobalah untuk menulis dengan tangan kiri. Saat Anda menulis menggunakan tangan lain yang tidak biasa Anda gunakan, otak Anda akan bekerja lebih keras. Otak yang lebih sering bekerja dengan lebih keras akan meningkatkan kemampuan dan fungsinya.

7. Cobalah rute baru

Jika Anda terbiasa pulang melalui rute A, tidak ada salahnya mencoba untuk melalui rute B, C, atau D. Artinya, cobalah untuk selalu pulang dengan rute yang berbeda. Pasalnya, perubahan-perubahan kecil seperti ini dapat membantu Anda melakukan latihan otak demi mengubah sudut pandang dan pola pikir Anda sehingga mencegah pikun.

8. Perhatikan orang lain

Saat Anda berinteraksi dengan orang lain, cobalah untuk fokus terhadap orang tersebut. Lalu, ingatlah empat hal tentang orang itu. Hal ini bisa berupa detil pakaian yang sedang dikenakan, atau caranya berbicara, makan, atau berjalan.

Salah satu latihan otak ini dapat membantu Anda mencegah pikun jika Anda berusaha mengingat-ingat kembali detil yang sempat Anda ‘tangkap’ dari orang lain. Cobalah untuk menuliskan kembali detil dari keempat hal yang Anda perhatikan tersebut.

9. Meditasi

Meditasi mungkin menjadi salah satu latihan otak yang sangat efektif untuk melatih ingatan dan pikiran. Tidak hanya itu, latihan otak yang satu ini dapat membantu mencegah pikun karena dapat meningkatkan fungsi otak seperti memperhatikan, fokus, berempati, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Selain agar tidak cepat pikun, meditasi juga dapat membantu mengurangi stres dan rasa cemas yang sering melanda hingga mengganggu pikiran Anda. Untuk melakukan latihan otak ini, Anda tidak butuh banyak hal. Hanya perlu duduk, mencari posisi yang nyaman di tempat yang tenang dan bermeditasi selama lima menit setiap harinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES