Peristiwa Nasional

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla Resmikan LDKPI

Jumat, 18 Oktober 2019 - 22:56 | 38.28k
Wakil Presiden RI,  Jusuf Kalla bersama para Menteri saat meresmikan LDKPI di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri. (FOTO: Kemenlu)
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama para Menteri saat meresmikan LDKPI di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri. (FOTO: Kemenlu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau Indonesian Agency for International Development (Indonesian AID), Jumat (18/10/2019) siang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.​

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, LDKPI ini akan memperkokoh peran Indonesia dalam turut melaksanakan ketertiban dunia, melalui penguatan kerja sama pembangunan Internasional.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati yang juga hadir dalam peresmian itu juga menyampaikan komitmennya untuk terus bekerjasama dengan Kemenlu RI, untuk mendukung diplomasi Indonesia melalui pembentukan LDKPI.

Sementara itu Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan, pembentukan Indonesian AID ini sudah lama diperlukan, sebagai salah satu bentuk perwujudan “diplomasi tangan di atas”. Karena itu Indonesia akan terus mendorong kerjasama yang lebih erat dengan negara sahabat dan mitra pembangunan, sehingga menguatkan postur Indonesia sebagai negara pemberi bantuan internasional.

Pembentukan Indonesian AID telah menjadi komitmen Pemerintah Indonesia dalam mendukung pembangunan dunia, terutama mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial, di antaranya melalui pemberian hibah kepada pemerintah/lembaga asing, yang saling memberikan manfaat.

Hingga kini, Pemerintah Indonesia telah menyelenggarakan tidak kurang dari 1.000 program kerja sama teknik dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS) di tiga bidang utama, yakni pembangunan, good governance, dan ekonomi.

Acara peresmian LDKPI oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla itu dihadiri Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI serta para pejabat dari Kementerian/Lembaga, Perwakilan Negara Sahabat, serta Mitra Pembangunan Asing yang secara kontinyu berpartisipasi dalam Kerja Sama Pembangunan Negara Berkembang atau biasa disebut Kerja Sama Selatan-Selatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES