Peristiwa Nasional

KH Robikin Emhas: Maqbarah Ulama di Saudi Terbuka Sejak Ada Makam Mbah Moen

Jumat, 18 Oktober 2019 - 16:24 | 211.77k
Kompleks pemakaman Ma’la Mekkah tempat Mbah Moen dimakamkan (FOTO: ANTARA/Hanni Sofia)
Kompleks pemakaman Ma’la Mekkah tempat Mbah Moen dimakamkan (FOTO: ANTARA/Hanni Sofia)

TIMESINDONESIA, SAUDI ARABIA – Ketua PBNU KH Robikin Emhas mengungkapkan, Maqbaroh Ulama (komplek pemakaman para pemuka agama) di Ma’la Saudi Arabia sebelumnya dikenal cukup ketat. Jangankan tahlil, peziarah yang berdoa dengan mengangkat tangan pun sering dihalau. Namun, setelah KH Maimun Zubair alias Mbah Moen dimakamkan di sana keadaannya berubah. 

Demikian diungkapkan Ketua PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan, itu dalam keterangan tertulis kepada TIMES Indonesia, Jumat (18/10/2019).

"Alhamdulillah kami berkesempatan ziarah. Dan sebagaimana lazimnya di Indonesia, kami dapat melakukan tahlil dan berdoa dengan leluasa. Hal sama juga kami lihat pada peziarah sebelum kami. Tanpa pengawalan, tanpa halangan," ucap Robikin.

KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia saat sedang beribadah haji, di Mekah, Arab Saudi. Mbah Moen wafat pada Selasa pagi (6/8/2019) lalu.

Jenazah almarhum kemudian dimakamkan di kompleks pemakaman Al Ma'la. Selain dimakamkan dekat makam Siti Khadijah, Mbah Moen dimakamkan berdekatan dengan makam gurunya, Sayid Muhammad al-Maliki. 

Berdasarkan informasi, komplek pemakaman para pemuka agama di Ma’la Saudi Arabia sebelumnya memang cukup ketat. Jangankan tahlil, peziarah yang berdoa dengan mengangkat tangan pun sering dihalau. 

Namun, setelah KH Maimun Zubair alias Mbah Moen disarekan di sana keadaan berubah. "Semoga hal ini merupakan pertanda proses moderasi keberagamaan yang sebelumnya dikabarkan." tandas KH Robikin Emhas, Ketua PBNU. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES