Ekonomi

Bandara Banyuwangi Buka Rute Penerbangan Baru ke Yogyakarta

Jumat, 18 Oktober 2019 - 09:14 | 327.95k
Bandara Internasional Banyuwangi. (Foto : Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Bandara Internasional Banyuwangi. (Foto : Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Aksesabilitas penerbangan menuju Banyuwangi bakal semakin bertambah. Bandara Internasional Banyuwangi akan membuka rute baru penerbangan BanyuwangiYogyakarta pulang pergi (PP) pada 19 November mendatang. Rute baru tersebut membuat para pelancong yang hendak menikmati keindahan alam dan budaya Jogja dan Banyuwangi semakin istimewa.

Kepastian rencana pembukaan rute baru tersebut disampaikan Commercial Operasional Manager Expressair Marthias Mailoa, Kamis (17/10/2019). Marthias mengatakan penerbangan Perdana akan dilakukan pada tanggal 19 November mendatang.

“Kami melihat peluang penerbangan yang bagus untuk rute Banyuwangi-Yogyakarta, apalagi rute ini baru pertama kalinya dibuka di Bandara Banyuwangi. Tentunya kami tidak ingin melewatkan kesempatan ini,” kata Marthias.

Salah satu pertimbangan dibukanya rute ini karena Banyuwangi dan Yogya sama-sama mengandalkan sektor pariwisata. Dengan demikian, wisatawan yang berlibur di Yogyakarta bisa langsung menuju Banyuwangi dan sebaliknya.

"Sasaran pasar utama kita, tentu segmen tourism. Karena di Banyuwangi dan Yogya memang banyak destinasi-destinasi wisata yang menjadi jujukan wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Selain menyasar wisatawan, rute penerbangan Banyuwangi-Yogyakarta PP ini juga menyasar segmen mahasiswa, Yogyakarta sendiri juga dikenal sebagai kota pelajar dan tempat banyak universitas besar baik negeri maupun swasta.

“Selain wisatawan kita juga menyasar mahasiswa juga termasuk pengusaha dan unsur birokrasi. Dengan adanya rute baru ini, tentu akan mempercepat pergerakan masyarakat baik pelaku bisnis, pertukaran pelajar, maupun perjalanan dinas,” ungkapnya.

Untuk rute ini, Xpressair akan terbang dengan pesawat jenis Boeing 737 yang berkapasitas sebanyak 140 seat. Frekuensi terbang rute Yogya-Banyuwangi PP sebanyak 3 kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Dengan jadwal Yogyakarta– Banyuwangi  09:20 – 10:40 Wib dan dari Banyuwangi – Jogjakarta : 15:40 – 17:00 Wib. Rencananya penerbangan perdana akan dilaksanakan pada tanggal 19 November  mendatang.

“Reservasi tiket pesawat sudah bisa di pesan dari travel agent, website resmi Xpresair dan aplikasi tiket online pada tanggal mulai 16 Oktober. Semoga masyarakat menyambut baik rute baru ini,” cetus Marthias.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut gembira dibukanya rute baru ini. Apalagi Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan pariwisata nasional yang sudah sangat ternama. Anas berharap dengan dibukanya rute ini akan berdampak positif bagi kunjungan wisata ke Banyuwangi.

“Kami sangat senang Banyuwangi bisa terhubung dengan pusat-pusat pariwisata seperti Yogyakarta dan juga Denpasar yang sudah jalan lebih dulu rute penerbangannya. Kami berharap akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi,” kata Anas. 

Sudah bukan rahasia umum lagi, Jogja terkenal kaya wisata budaya dan kulinernya, seperti Keraton Kesultanan Jogjakarta, sedangkan Banyuwangi terkenal dengan  bentang Alam, Budaya dan kulinernya yang menawan, salah satunya Kawah Ijen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES