Olahraga Liga Santri Nusantara 2019

Ini Strategi Nur Iman United Juarai LSN 2019 Regional Yogyakarta

Ini Strategi Nur Iman United Juarai LSN 2019 Regional Yogyakarta Klub Nur Iman United dinobatkan sebagai juara I LSN 2019 Regional Yogyakarta. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Jum'at, 18 Oktober 2019 - 08:14

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dari seluruh peserta Liga Santri Nusantara 2019 Regional Yogyakarta, Nur Iman United menjadi tim yang paling banyak prestasinya.

Nur Iman United tedrcatat menjadi Juara 1 Liga Santri Nusantara Regional Yogyakarta tahun 2015, 2016, dan 2019. Kemudian, Juara 2 Liga Santri Nusantara Regional Yogyakarta tahun 2017 dan 2018 serta Juara 1 Nasional Liga Santri Nusantara 2016 dan Juara 3 Nasional Liga Santri Nusantara 2015.

Imi semua merupakan deretan prestasi Nur Iman selama digelarnya kompetisi sepak bola antar Pondok Pesantren ini.

Bahkan, peluang untuk menambah gelar juara Nasional pada Liga Santri Nusantara 2019 masih terbuka bila berkaca pada tahun 2015 saat final tingkat nasional digelar di Sidoarjo Jawa Timur.

liga-santri-b.jpg

"Pengalaman bermain di Sidoarjo menjadi modal penting untuk mengulang prestasi saat menjadi juara nasional tahun 2016, kata Manager Nur Iman United, Rifky Aziz Maksum saat ditemui di kediamannya, Kamis (17/10/2019).

Deretan prestasi Nur Iman United ini tidak datang begitu saja. Namun melalui proses panjang yang disebut pembinaan berjenjang.

Sejak digelarnya Liga Santri Nusantara 2015 Pondok Pesantren langsung menjaring bibit-bibit berbakat dalam bidang sepak bola dari tingkat Tsanawiyah.

Untuk mengasah talenta-talenta ini management Nur Iman United sengaja mendatangkan pelatih profesional. Tercatat 2 pelatih sudah menangani Nur Iman United masing-masing Toni Yulianto dari PSIM pada tahun 2015 dan Eko Setiawan dari SSB K3 yang melatih dari tahun 2016 hingga sekarang. Selain mendatangkan pelatih sebagian santri juga dikirim belajar di beberapa SSB. Dari proses ini tidak mengherankan bila Nur Iman United tidak pernah kehabisan stok pemain bagus untuk meraih prestasi dalam setiap gelaran Liga Santri Nusantara.

"Dengan sistim ini Managemet tidak disibukan dengan pembentukan rim setiap menghadapai Liga Santri Nusantara," jelas Rifky.

Ingin mewadahi alumni Liga Santri Nusantara, Management Nur Iman United akan membentuk sebuah tim profesional untuk mengikuti kompetisi liga 3 PSSI. Karena regulasi untuk mengikuti Liga 3 harus terbentuk tim seniornya, maka untuk sementara Nur Iman United akan menginduk ke salah satu tim senior di DIY samnil embentuk PT yang akan menaunginya.

Langkah ini diambil menyusul terdapatnya beberapa alumni yang direkrut klub-klub profesional peserta Liga Indonesia. Management juga akan membentuk Nur Iman Foot Ball Acaddemy (NUFA). NUFA tidak hanya menerima siswa dari kalangan pondok pesantren. Namun juga masyarakat umum yang tertarik juga dapat bergabung.

"Selain menjadi sarana penjaringan bibit berbakat, NUFA juga akan menjadi sarana dakwah untuk menarik warga masyarakat masuk ke pondok pesantren. Itulah kunci kesuksean Nur Iman United agar bs menjuarai LSN 2019 Regional Yogyakarta," papar Manager Nur Iman United, Rifky Aziz Maksum. (*)

Jurnalis : Totok Hidayat (MG-199)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Registration