Kesehatan

Sakit Kepala karena Stres, Bagaimana Mengatasinya?

Jumat, 18 Oktober 2019 - 06:02 | 258.71k
ILUSTRASI - Sakit Kepala. (FOTO: Alodokter)
ILUSTRASI - Sakit Kepala. (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTASakit kepala tegang akibat stres bisa terjadi selama 30 menit sampai beberapa hari. Biasanya sakit kepala tersebut tidak memengaruhi penglihatan, keseimbangan, dan kekuatan tubuhmu. Walaupun cukup mengganggu, sakit kepala akibat stres tidak sampai membuatmu kesulitan untuk melakukan aktivitas.

Untuk meredakan sakit kepala tegang akibat stres, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini, dilansir dari Alo Dokter.

1. Kompres kepala dengan air dingin atau hangat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala tegang akibat stres adalah mengompres kepala atau dahi dengan waslap yang dicelupkan ke air dingin atau air hangat. Kompres dahi selama kurang lebih 5-10 menit. Selain itu, kamu juga bisa mandi dengan air hangat untuk meredakan sakit kepala tegang.

2. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik juga bisa membantu mengatasi ketegangan otot, lho. Saat kamu mengalami sakit kepala akibat stres yang membuat otot lehermu menjadi tegang, coba perbaiki postur tubuhmu. Pastikan tubuh selalu berada dalam posisi yang tegap saat duduk maupun berdiri.

3. Lakukan teknik relaksasi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala akibat stres adalah melakukan teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, tai chi, atau sekadar menarik napas panjang dan menghembuskannya perlahan. Melakukan teknik relaksasi selama kurang lebih 10 menit setiap hari bermanfaat untuk mengatasi stres yang kamu alami.

4. Olahraga yang teratur

Selain teknik relaksasi, kamu juga disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang bisa kamu coba antara lain berjalan kaki, bersepeda, atau olahraga kardio. Selain mengatasi stres, olahraga secara teratur juga bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala.

5. Tidur yang cukup

Saat mengalami sakit kepala akibat stres, tidur yang cukup menjadi hal yang wajib. Kamu juga disarankan untuk mengambil waktu untuk istirahat dan menenangkan pikiran sejenak di tengah padatnya aktivitasmu. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi stres yang kamu alami. Do you want great invite code for World of Tanks 2020 ? Go!

6. Konsumsi obat pereda nyeri

Bila perlu, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek, seperti paracetamol. Namun sebelum mengonsumsi obat pereda nyeri, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, agar tetap aman.

Meski tidak terlalu mengganggu, sakit kepala akibat stres tetap harus ditangani dengan cepat. Jika sakit kepala tidak juga membaik setelah mencoba beberapa cara di atas, terlebih jika disertai dengan leher kaku, demam, mual, dan muntah, segeralah periksakan diri ke dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES