Peristiwa Daerah

Jurnalisme Data Sangat Diperlukan Sektor Migas

Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:42 | 49.15k
Training Jurnalisme Data dan Media Gathering SKK Migas - KKKS. (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)
Training Jurnalisme Data dan Media Gathering SKK Migas - KKKS. (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDAR LAMPUNGJurnalisme data sangat diperlukan dalam menginformasikan sektor migas. Kecakapan inilah yang diperlukan dan dibutuhkan dari seorang jurnalis.

"Kecakapan menggunakan data dan kecakapan menganalis data menjadi kebutuhan jurnalis saat ini dengan berkembangnya informasi," ungkap Fransiscus, Litbang The Jakarta Post dalam pelatihan Jurnalisme Data Dalam Pemberitaan Sektor Migas, SKK Migas - KKKS, Kamis malam (17/10/2019) di Swisbell Hotel Bandar Lampung.

Media-Gathering-2.jpg

Menurutnya tantangan jurnalis dalam pemberitaan migas yakni membuat laporan migas menjadi menarik, sederhana dan mudah dicerna pembaca.

"Kesederhanaan informasi sektor migas ini membutuhkan kemampuan memahami pengetahuan secara luas dan mendalam," katanya.

Jurnalis data yang dimaksud era saat ini,  bagaimana jurnalisme yang dikerjakan dengan data, menyampaikan cerita dengan data serta mengungkap makna dengan data.

Media-Gathering-3.jpg

"Itulah jurnalisme data," terang dia.

Dia menambahkan jurnalisme data ini berupa bagaimana kita mengungkap fakta dengan data bukan mengungkap data dari fakta.

"Tantangan inilah perlu dijawab dalam jurnalisme data sektor migas karena informasinya belum jadi minat banyak orang dan belum jadi ulasan headline media," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Palembang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES