Pendidikan

5 Prodi Terakreditasi B, Hadiah Wisuda Poliwangi Ke-10

Kamis, 17 Oktober 2019 - 20:11 | 548.29k
Wisuda Politeknik Negeri Banyuwangi ke-10 (Foto : Roghib Mabrur/Times Indonesia)
Wisuda Politeknik Negeri Banyuwangi ke-10 (Foto : Roghib Mabrur/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kabar gembira menyelimuti wisudawan-wisudawati Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) yang ke 10, Sabtu tanggal 12 Oktober 2019 kemarin.

Pasalnya, lima program studi (prodi) telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), diantaranya prodi D-IV Manajemen Bisnis Pariwisata, D-IV Agribisnis, D-IV Teknologi Pengolahan Hasil Ternak, D-III Teknik Sipil, dan D-III Teknik Informatika.

Poliwangi-2.jpg

Lima prodi dengan status terakreditasi B tersebut sudah diterbitkan sejak bulan juli lalu, hal ini menandakan bahwa  mutu pendidikan Poliwangi semakin berkembang dengan cepat.

Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi Son Kuswadi mengganggap penilaian akreditasi ini hal yang sangat penting bagi institusi Poliwangi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi peningkatan SDM dosen dan mahasiswa, kurikulum, sarana pra-sarana dan tatakelola institusi.

Diharapkan wisudawan Poliwangi mampu bersaing di dunia kerja dengan mencetak lapangan pekerjaan di masyarakat.

Poliwangi-3.jpg

"Alhamdulillah wisuda tahun ini sangat istimewa, karena dihiasi banyaknya prestasi wisudawan-wisudawati baik level nasional maupun internasional," kata Son Kuswadi, Kamis, (17/10/2019).

Son Kuswadi menambahkan bahwa kondisi dunia sudah berubah, tantangan berubah, dan teknologi baru semakin cepat berubah. Oleh karena itu, Son menginginkan wisudawan-wisudawati memiliki kemampuan tangguh, semangat tinggi, dan softskill kuat serta mampu berkolaborasi semua pihak, sehingga mereka sukses dalam dunia yang semakin berubah tersebut.

Jumlah wisudawan-wisudawati Poliwangi ke-10 ini, sebanyak 376 orang dengan rincian prodi Teknik Informatika 98 orang, Teknik Sipil 76 orang, Teknik Mesin 43 orang, Manajemen Bisnis Pariwisata 86 orang, Agribisnis 51 orang, dan Teknologi Pengolahan Hasil Ternak 22 orang.

Salah satu wisudawan Dimas Gusti Maulana Prodi DIII Teknik Informatika menyatakan bahwa jerih payah dalam menuntaskan pendidikan kuliah selama ini, yang ia ditujukan untuk kedua orangnya tidak sia-sia.

"Pastinya sangat senang dan bangga dapat prestasi saat wisuda ini, karena sebelum-belumnya saya menginginkan kedua orang tua saya maju atas prestasi yang saya dapatkan," ujar Dimas yang meraih Juara 1 National Scientific Competition di Unair Surabaya.

Wisuda yang dilaksanakan di El Royale Hotel Banyuwangi tersebut, dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta sang istri Ipuk Fiestiandani dan Dr. M. Farid Ma'ruf selaku bagian Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Malaysia.

Poliwangi-4.jpg

Bupati Anas menekankan kepada wisudawan agar senantiasa menjaga akhlak mulianya, disamping juga harus memiliki kemampuan inovasi, leadership dan marketing yang kuat.

"Yang terpenting setelah lulus kuliah adalah pertahankan akhlak mulia yang sudah kalian dapatkan, baik dari kampus maupun dari kedua orang tua kalian," kata Anas.

Anas juga menambahkan bahwa lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat menciptakan suatu lapangan pekerjaan, bukan malah mencari pekerjaan, karena persaingan pada era 4.0 sangat ketat dan penuh tantangan.

Perlu diketahui, saat ini Poliwangi telah memiliki 7 prodi yakni prodi prodi D-IV Manajemen Bisnis Pariwisata, D-IV Agribisnis, D-IV Teknologi Pengolahan Hasil Ternak, D-IV Teknik Manufaktur Kapal, D-III Teknik Mesin, D-III Teknik Sipil, dan D-III Teknik Informatika. 

Rencananya tahun depan Poliwangi juga akan membuka prodi baru D-IV Teknik Perkeretaapian, yang dimaksudkan untuk menciptakan tenaga-tenaga terampil dibidang perkeretaapian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES