Pemerintahan

DPRD Sebut Banyak Pungli Pelayanan Adminduk di Dispenduk Bondowoso

Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:42 | 259.51k
Suasana Dispendukcapil Kabupaten Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Suasana Dispendukcapil Kabupaten Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Bondowoso, Jawa Timur meyebutkan bahwa masih banyak terjadi pungutan liar atau Pungli, dalam pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) pada Dispendukcapil setempat. Ini terjadi karena dalam pelayanan tersebut banyak makelar adminduk, yang masih berkeliaran.

Hal itu disampaikan langsung oleh F-PKB, melalui juru bicaranya, Muhammad Shoheb, saat Paripurna Pemandangan Umum (PU) Fraksi terhadap 5 Raperda Propemperda 2019 dan Raperda Tentang APBD Tahun 2020, di DPRD, Kamis (17/10/2019).

“Pelayanan administrasi kependudukan pada Dispendukcapil dengan jargon bebas pungli ternyata hanya isapan jempol belaka,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Fraksi PKB, H Tohari menjelaskan, bahwa terkait pungli di Dispenduk juga sudah disinggung dari dulu oleh fraksi lain di DPRD.

“Kalau ditanyakan (ke Dispenduk), itu mungkin tidak ada ya. Teman wartawan bisa cek sendiri. Jadi untuk mendapatkan satu KTP, yang barangkali ngurus sehari itu selesai, harganya berapa? Calonya di sana juga banyak,” jelasanya.

Ketua Komisi I DPRD Bondowoso ini juga menyesalkan pungli tersebut. Akibatnya, tak sedikit masyarakat datang ke anggota DPRD termasuk dirinya, untuk minta tolong pengurusan adminduk.

“Andai masyarakat ini mengurus adminduk dengan cepat, kemudian gampang. Tidak mungkin ada yang datang ke saya selaku anggota DPRD, termasuk ke anggota yang lain,” katanya.

Dia juga menyoroti pelayan yang masih lama, dalam pembuatan adminduk tersebut. Seharusnya, pelayanan adminduk tersebut dalam 1 hari sudah selesai. Sementara di Bondowoso harus berbulan-bulan.

“Selesai sehari itu sangat mungkin, sebagaimana disampaikan bupati agar itu bisa selesai secara cepat,” jelasnya.

Tohari mengatakan, adanya pungli jelas menjadi beban bagi masyarakat, yang ingin mengakses pelayanan adminduk, di Dispendukcapil Bondowoso(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES